Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AS’ADIYAH SENGKANG (Studi Model Pembelajaran dan Tradisi Keilmuan)


Disertasi ini membahas tentang pembelajaran bahasa Arab yang meliputi model
pembelajaran dan tradisi keilmuan di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang. Penelitian ini
bertujuan untuk (1) mengetahui pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan di Pondok
Pesantren As’adiyah, (2) mengidentifikasi model pembelajaran bahasa Arab di Pondok
Pesantren As’adiyah, dan (3) penguatan tradisi keilmuan pesantren dalam pembelajaran
bahasa Arab di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang.
Jenis penelitian disertasi ini adalah field research, metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan sejarah. Sumber data yang
dipergunakan adalah peristiwa, informan, dan dokumen yang terkait. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara, kajian dokumentasi, dan pustaka.
Temuan penelitian tentang pembelajaran bahasa Arab yang dikembangkan di Pondok
Pesantren As’adiyah adalah pembelajaran bahasa Arab bertujuan untuk mengembangkan
kemampuan dalam membaca dan memahami kitab kuning, berkomunikasi dalam bahasa
Arab, baik lisan maupun tulis yang mencakup empat kecakapan berbahasa yaitu istima’,
kalam, qira>ah dan kita>bah, hal tersebut ditunjang pada perencanaan dan proses
pembelajaran, metode, strategi dan evaluasi pembelajaran. Dari temuan pembelajaran
tersebut diidentifikasi model pembelajaran yang dilakukan di Pondok Pesantren As’adiyah
adalah model memproses informasi yang berimplikasi pada berpikir induktif, pencapaian
konsep dan penelitian ilmiah. Selanjutnya model interaksi sosial yang menekankan pada
relasi individu dengan masyarakat. Model berikutnya adalah model personal yang
bertumpuh pada pengembangan individu santri, selanjutnya model kara>mah yang
memadukan kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual dalam pembelajaran.
Memahami model pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren As’adiyah menunjukkan
bahwa pentingnya penguatan tradisi keilmuan pesantren dalam pembelajaran bahasa Arab,
model tersebut diaplikasikan dalam tradisi keilmuan pesantren sebagai pusat kajian bahasa
Arab dan kitab kuning melalui Mangaji Tudang, Halaqah Arabiyah Mumta>z, Perkampungan
Alfiyah, Pengajian Pesantren Mahasiswa, Tahfiz al-Qur’an, dan Pendidikan Diniyah Formal
Ulya.
Penelitian ini berimplikasi pada penguatan tradisi keilmuan pesantren berdasarkan kearifan
lokal berlandaskan pada Standar Nasional Pendidikan, berorientasi pada nilai-nilai dasar
pendidikan Islam yang bersifat universal.
H. MUHAMMAD YUNUS MUIN - Personal Name
2X7.3
2X7
Text
Indonesia
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...