Detail Cantuman Kembali
TESIS: PENGUASAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR CALON PENDIDIK (Studi Kasus Mahasiswa PPL Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa)
Submasalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana realitas penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa? dan (2) Bagaimana kendala yang dihadapi mahasiswa Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar ketika melaksanakan PPL di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa PPL Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar angkatan 2015 yang mengikuti PPL, guru pamong, beberapa literatur, dan dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dan instrumen peneliti¬an yang digunakan adalah observasi berupa pedoman observasi, wawancara berupa pedoman wawan¬cara, dan dokumentasi berupa check list dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang dilakukan adalah editing dan verifikasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.
Hasil penelitian pada penelitian ini menyatakan bahwa realitas penguasaan keterampilan dasar mengajar mahasiswa PPL Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dapat terlihat saat diterapkan di dalam proses pembelajaran. Keterampilan membuka pelajaran belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan menutup pelajaran dikuasai secara maksi¬mal. Ke¬terampilan bertanya tingkat dasar belum dikuasai secara maksimal. Kete¬ram¬¬pilan bertanya tingkat lanjut tidak dikuasai secara maksimal. Keteram¬pilan mem¬beri penguatan dikuasai secara maksimal. Keterampilan mengadakan variasi belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan menjelaskan belum dikuasai secara maksimal. Keterampilan mengelola kelas belum dikuasai secara maksimal. Ke¬terampilan membimbing diskusi kelompok kecil dan keterampilan mengajar kelom¬pok kecil dan perseorangan belum dikuasai secara maksimal. Kendala yang dihadapi mahasiswa Jurusan PAI FTK UIN Alauddin Makassar ketika melaksanakan PPL di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa adalah dari mahasiswa PPL-nya sendiri, peserta didik, waktu pembelajaran, materi pelajaran, alat dan media pem¬belajaran, guru pamong, serta dosen pembimbing. Selain itu, mahasiswa PPL team teaching yang dapat bekerja sama dan saling melengkapi satu sama lain, juga mendapati kendala. Di antara kendala yang diungkapkan adalah seringnya saling mengharapkan, tidak terbiasa mengajar sendiri layaknya seorang pendidik, dan tidak maksimal dalam mengelola kelas.
Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya keterampilan dasar mengajar untuk dipahami dan dikuasai dengan baik oleh pendidik. Bagi calon pendidik atau mahasiswa yang menjalankan salah satu mata kuliah wajib pendidikan, yaitu Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di beberapa sekolah atau madrasah, komponen-komponen keterampilan dasar mengajar ini cukup dikenalkan bagaimana penerapannya di dalam kelas dengan melakukan beberapa praktik microteaching. Hal ini dikarenakan mahasiswa masih pada tahap belajar dengan memperbanyak melatih diri untuk mengajar dan membaca beberapa teori terkait dengan keterampilan dasar mengajar. PPL juga menjadi salah satu mata kuliah wajib, tetapi seharusnya bukan menuntut mahasiswa untuk harus atau wajib menguasai keterampilan dasar mengajar. Seyogiayanya, keterampilan dasar mengajar ini akan menjadi wajib dikuasai oleh mereka yang sudah berprofesi sebagai seorang pendidik setelah lulus praktik pada Pelatihan Pendidikan Guru (PPG). Penguasaan komponen-komponen keterampilan dasar mengajar dimaksimalkan dalam proses pembelajaran dengan mengurangi beberapa kendala yang bisa saja terjadi.
NURISTIQAMAH AWALIYAHPUTRI B. - Personal Name
370 NUR p
370
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...