Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Demotivasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Madrasah Tsanawiyah Putra Pondok Pesantren DDI Mangkoso Kabupaten Barru


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) jenis-jenis demotivasi
pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di Madrasah Tsanawiyah Putra Pondok
Pesantran DDI Mangkoso Kabupaten barru, (2) faktor-faktor penyebab terjadinya
demotivasi tersebut dan (3) upaya-upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi
persoalan demotivasi tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan
penelitian yang digunkan adalah: fenomenologi dan psikologis. Sumber data
penelitian diperoleh secara lansung dari sumber asli, dan data penelitian diperoleh
melalui observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)ada 6 jenis demotivasi yang dialami
oleh santri dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Putra Pondok
Pesantren DDI Mangkoso, yaitu demotivasi rasa takut, demotivasi karena koflik nilai,
demotivasi karena kurangnya kebebasan, demotivasi karena kurangnya kepercayaan
diri, demotivasi karena kejenuhan, dan compleks demotivation (2) terjadinya keenam
jenis demotivasi tersebut disebabkan oleh faktor eksternal dan internal; faktor
eksternal meliputi guru, kompleksitas bahasa Arab, lingkungan, bahan ajar dan
metode pembelajaran, sedangkan faktor internal mencakup kemampuan dasar dan
sikap negatif terhadap bahasa Arab, dan (3)upaya-upaya yang dilakukan oleh pihak
kampus guna mengatasi demotivasi tersebut adalah menerapkan sistem pengajaran
yang lebih ramah, membentuk kelompok-kelompok tutur sebaya (peer learning),
memberikan pemahaman kepada santri akan pentingnya bahasa Arab, bekerjasama
dengan pihak lain yang berkompeten dalam pengajaran bahasa Arab, melengkapi dan
meremajakan fasilitas-fasilitas pendukung.
Implikasi dalam penelitian ini adalah (1) Guru harus selalu memperhatikan
kondisi santri saat proses pembelajaran dengan memantau kebiasaan santri yang
tidak memahami materi serta memberikan perhatian lebih bagi mereka yang terkena
demotivasi, (2) Pihak Madrasah harus senantiasa selalu memberikan dukungan
terhadap peningkatan mutu pembelajaran dengan cara melengkapi dan mengaktifkan
fasilitas pendukung berupa laboratorium bahasa, multimedia, serta alat pendukung
lainnya yang membantu guru dalam meningkatkan kreatifitas, khususnya pada mata
pelajaran bahasa Arab, serta meremajakan fasilitas yang sudah lama seperti kondisi
kelas, (3) Santri harus senantiasa lebih giat, lebih semangat, serta harus memacu diri
untuk selalu mengejar ketertinggalan materi yang tidak dipahami dengan bertanya
kepada guru atau teman yang lebih dahulu paham sehingga motivasi belajar santri
tetap stabil
Ahmad Hamdan Guntur - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...