Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PENGARUH NILAI-NILAI ISLAM TERHADAP BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA PERUSAHAAN KALLA GROUP DI MAKASSAR
Dalam perilaku organisasi, nilai-nilai atau values penting untuk dipahami
dengan baik karena mempengaruhi persepsi, sikap dan perilaku. Nilai-nilai agama
Islam telah dikembangkan dan diimplementasikan pada budaya organisasi
perusahaan, untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Setiap organisasi
mempunyai budaya yang membedakannya dengan organisasi lain, yang
bersumber dari nilai-nilai luhur (core values) pemilik dan pendirinya. Budaya
organisasi mengandung norma dan nilai-nilai yang mengarahkan perilaku anggota
organisasi. Kalla Group sebagai perusahaan keluarga dibangun diatas pondasi
nilai-nilai agama Islam, yang diyakini sebagai faktor pendukung terwujudnya
budaya organisasi Kalla Group yang kuat. Organisasi yang memiliki budaya kuat
akan menghasilkan kinerja yang baik dalam jangka panjang. Metode pengukuran
kinerja yang baik adalah, metode yang dapat mengukur kinerja organisasi dari
seluruh aspek dalam kegiatan operasional perusahaan. Balanced scorecard
merupakan metode pengukuran kinerja yang komprehensif yang memungkinkan
para eksekutif memandang perusahaan dari berbagai perspektif secara berimbang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai-nilai
Islam terhadap budaya organisasi dan kinerja perusahaan Kalla Group di
Makassar. Variabel penelitian adalah: 1) nilai-nilai Islam, terdiri atas lima aspek
yaitu: siddiq, istiqamah, fathanah, amanah, dan tabligh; 2) budaya organisasi,
terdiri atas empat aspek yaitu: kerja ibadah, aktif bersama, lebih cepat lebih baik,
dan apresiasi pelanggan; yang merupakan nilai budaya lokal perusahaan Kalla
Group; 3) kinerja, terdiri atas empat aspek, yaitu: keuangan, pelanggan, proses
bisnis internal, serta pertumbuhan dan pembelajaran. Untuk menganalisis
hubungan antara variabel tersebut, digunakan metode Structural Equation Model
(SEM) terhadap 143 orang sampel.
Hasil penelitian menemukan bahwa: pertama, nilai-nilai Islam telah
terimplementasi dengan baik dan berpengaruh terhadap budaya organisasi
perusahaan Kalla Group. Kedua, nilai-nilai Islam tidak berpengaruh signifikan
secara langsung terhadap kinerja perusahaan dalam penelitian ini. Ketiga, budaya
organisasi perusahaan Kalla Group memiliki pengaruh terhadap kinerja
perusahaan dalam penelitian ini. Keempat, budaya organisasi perusahaan dapat
menjadi mediator (full mediation) dari nilai-nilai Islam untuk mempengaruhi
kinerja perusahaan dalam penelitian ini.
Implikasi dari penelitian ini adalah: konsep-konsep dan nilai-nilai yang
bersumber dari agama Islam menjadi persepektif baru dalam melihat organisasi,
sebagai konsep pembanding dari konsep organisasi yang bersumber dari nilainilai budaya Eropa atau Barat. Nilai-nilai Islam yang diimplementasikan dengan
baik dalam budaya organisasi perusahaan, akan memberikan nilai tambah dan
menjadi faktor pendukung terciptanya budaya organisasi yang kuat, dan akan
berpengaruh pada kualitas kinerja karyawan dan perusahaan.
SYAMSUL RIJAL - Personal Name
2x9 SYA p
2x9
Text
Indonesia
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...