Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH FIQHI TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA JURUSAN/PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ANGKATAN 2014 FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR


Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana perilaku keagamaan dan
prestasi akademik melalui pelaksanaan pembelajaran mata kuliah fiqhi. Adapun
tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata kuliah
fiqhi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 Fakultas
Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. (2) mengetahui perilaku
keagamaan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. (3) mengetahui prestasi
akademik pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. (4) mengetahui pengaruh
pelaksanaan pendidikan Islam terhadap perilaku keagamaan mahasiswa jurusan
Pendidikan Agama Islam angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar. (5) mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran mata kuliah
fiqhi terhadap prestasi akademik mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam
angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Metodologi penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian yang akan digunakan adalah jenis penelitian survey. Dimana survey,
adalah suatu penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan
penggalian data dapat berupa kuisioner, wawancara, observasi maupun data
dokumen sebagai alat pengumpulan data pokok. Pendekatan pada penelitian ini
menggunakan pendekatan positivistik. Populasi pada penelitian ini ada dua macam
yaitu (1) semua mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014
sebanyak 180 Orang. Sampel yang diambil dari populasi tersebut adalah 108 orang
mahasiswa. (2) seluruh dosen mata kuliah Fiqhi yang mengajar pada mahasiswa
angkatan 2014 pada semester 2. Pengambilan sampel pada Dosen yaitu sampel jenuh
karena jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30 orang maka semua anggota
populasi dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan
dokumentasi dengan teknik analisis statistik deskriptif, dan teknik analisis statistik
inferensial. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran mata kuliah fiqhi
di jurusan Pendidikan Agama Islam berada pada kategori sangat baik dengan ukuran
dari 108 mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian terdapat 45 orang mahasiswa
menjawab sangat baik dengan persentase 42 %. (2) Perilaku keagamaan di jurusan
Pendidikan Agama Islam berada pada kategori baik dengan ukuran dari 108
mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian terdapat 46 orang menjawab baik
dengan persentase 43%. (#3) Prestasi akademik mahasiswa di Jurusan Pendidikan
Agama Islam berada pada kategori sangat memuaskan dengan ukuran dari 108
mahasiswa yang dijadikan sampel penelitian terdapat 53 orang mahasiswa memiliki
indeks prestasi akademik sementara (IPKS) dengan kategori sangat memuaskan
dengan persentase 49%. (4) Berdasarkan hasil perhitungan regresi lewat program SPSS
maka didapatkan, thitung (2,133)>nilai ttabel (1,98) maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa
ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran mata kuliah fiqhi (X) terhadap perilaku
keagamaan (Y). (5) Berdasarkan hasil perhitungan regresi lewat program SPSS maka
didapatkan, nilai thitung (0,661) < nilai ttabel (1,98) maka H0 diterima. Hal ini
menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pelaksanaan pembelajaran mata kuliah
fiqhi (X) terhadap prestasi akademik (Y).
Implikasi penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran mata kuliah
fiqhi pada jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar Islam dapat diterapkan, di pertahankan, dan
ditingkatkan.(2) Perilaku keagamaan pada jurusan Pendidikan Agama Islam
Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Islam
dapat diterapkan dan dipertahankan, dengan catatan indikator puasa sunnah harus
ditingkatkan. (3) Berdasarkan data hasil penelitian prestasi akademik pada jurusan
Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN
Alauddin Makassar Islam dapat menjadi bahan rujukan dan data pembanding dan
membuka ruang bagi orang lain untuk meneliti faktor-faktor penyebab yang tidak
dapat disebutkan pada penelitian ini sehingga pembelajaran mata kuliah fiqhi di
Jurusan Pendidikan Agama Islam Angkatan 2014 tidak mempengaruhi prestasi
akademik mahasiswa.
Baharuddin - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...