Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH TSANAWIYAH MADANI ALAUDDIN PAOPAO SEBAGAI LABORATORY SCHOOL FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR


Disertasi ini berkenaan dengan Perkembangan Pembelajaran Pendidikan Islam
pada Madrasah Tsanawiyah Madani Alauddin Paopao sebagai Laboratory School
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar tujuan penelitian ini
adalah pertama, untuk mengetahui perkembangan pembelajaran pendidikan Islam
pada MTs Madani Alauddin Paoao sebagai laboratory school Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, kedua, untuk mengkaji upaya yang
ditempuh pengelola dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan Islam pada
MTs Madani Alauddin Paopao sebagai laboratory school Fakultas Tarbiyah dan
Keguruan UIN Alauddin Makassar, dan ketiga, mengkaji peluang dan tantangan
pengembangan pembelajaran pendidikan Islam pada MTs Madani Alauddin
Paopao sebagai laboratory school Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin
Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
paedagogis, teologis normatif, dan yuridis normatif sedangkan pendekatan dari segi
metode yaitu fenomenologi. Sumber data penelitian ini terdiri dari kepala madrasah,
guru-guru, pegawai, dan peserta didik pada MTs Madani Alauddin Paopao sebagai
informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen atau
daftar pertanyaan, wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran
referensi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan pola deskriptif
berupa sumber data dan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data,
2) display data, dan 3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, gambaran perkembangan
pembelajaran pendidikan Islam pada MTs Madani Alauddin Paopao sebagai
laboratory school Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yaitu;
guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan, strategi, metode,
dan teknik-teknik dalam mengarahkan, memotivasi, dan membimbing peserta didik
untuk berpartisipasi, aktif, dan kreatif belajar bersama dan melatih siswa untuk selalu
mengamalkan ajaran Islam, menjalankan ibadah dan berbuat baik. kedua, Upaya
yang ditempuh pengelola dalam mengembangkan pembelajaran pendidikan Islam
pada MTs Madani Alauddin Paopao sebagai laboratory school Fakultas Tarbiyah
dan Keguruan UIN Alauddin Makassar yaitu, untuk senantiasa mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktifxiv
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan melalui
proses pembelajaran yang berdasar pada standar nasional pendidikan, dan ketiga
Tantangan pengembangan pembelajaran pendidikan Islam yaitu; pertama, semakin
pesatnya perubahan dan perkembangan IT yang berdampak pada
kecenderungan kehidupan hedonistik, materialistik, dan pramatis, dan semakin
berkembangnya lembaga-lembaga Pendidikan Menengah dan sejenis baik di
tingkat pusat maupun di daerah dan sekitar MTS Madani Alauddin Paopao
Implikasi penelitian ini adalah diharapkan guru pada MTs Madani
Alauddin Paopao Kabupaten Gowa selalu mengembangkan pembelajaran
pendidikan Islam di semua unsur sehingga dapat terlaksana dengan baik dan
diharapkan peserta didik pada MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten
Gowa untuk lebih taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku di madrasah.
Sehingga nantinya dapat mendukung pelaksanaan pendidikan Islam sebagai
rahmatan lil’alamin.
Rosdiana - Personal Name
2X7.3 ROS p
NONE
Text
Indonesia
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...