Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: RELASI GENDER DAN KEKUASAAN (STUDI KRITIS TENTANG PENERAPAN GENDER DALAM PARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM)


Disertasi ini membahas tentang relasi gender dan kekuasaan dalam sistem pendidikan Islam dengan persoalan pokok bagaimana penerapan relasi gender dan kekuasaan dalam sistem pendidikan Islam? dan dijabarkan dalam sub masalah yakni Bagaimana relasi gender dan kekuasaan dalam sistem pendidikan Islam?; Bagaimana konsep gender dalam sistem dan paradigma pendidikan Islam?; dan Bagaimana bentuk aksi relasi gender dan kekuasaan dalam bidang politik, sosial dan pendidikan?
Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mendeskripsikan relasi gender dan kekuasaan dalam sistem pendidikan Islam; b) untuk mengelaborasi dan mengungkap secara jelas konsep gender dalam sistem dan paradigma pendidikan Islam; dan c) untuk memberikan solusi alternatif berkaitan gerakan atau bentuk aksi relasi gender dan kekuasaan dalam bidang politik, sosial dan pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan teologis normatif, pendekatan sosiologis, pendekatan yuridis dan pendekatan pedagogis. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis gender (gender analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Konsep gender dalam paradigma pendidikan Islam mengandung konsep universal tanpa membedakan jenis kelamin, usia, status sosial dan berbagai atribut kemanusiaan yang lain. Paradigma pendidikan Islam sangat menjunjung tinggi kesetaraan dan keadilan gender dalam menuntut ilmu agar lebih mengenal Tuhan, dirinya dan lingkungannya; (2) Penerapan relasi gender dan kekuasaan dalam sistem pendidikan Islam bagaikan dua hal yang saling mempengaruhi. Hubungan antara gender, kekuasaan dan pendidikan terwujud ke dalam berbagai bentuk yang berbeda-beda, sesuai karakteristik setting sosial politik di mana hubungan itu terjadi; dan (3) Relasi gender dan kekuasaan dalam perjuangannya membutuhkan gerakan aksi dalam berbagai bidang, baik dalam bidang politik, bidang sosial maupun dalam bidang pendidikan.
Implikasi penelitian adalah perjuangan untuk mencapai kesetaraan gender di Indonesia masih merupakan suatu perjalanan yang panjang di masa depan karena ketidakadilan masih terus melekat pada wanita yang merupakan penduduk mayoritas. Kesadaran harus ditumbuhkan dengan menanamkan kesadaran bahwa pria dan wanita sama-sama mempunyai kelemahan sehingga saling membutuhkan.

Nur Syamsiah - Personal Name
2X7.3 NUR r
NONE
Text
Indonesia
PENDIDIKAN DAN KEGURUAN
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...