Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN PENGAMALAN AJARAN ISLAM MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PARE-PARE
Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran AIK di Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR). 2)mengetahui efektivitas pembelajaran AIK dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam mahasiswa UMPAR. 3)mengetahui ada atau tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam antara mahasiswa kelas eksprimen dengan menggunakan model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan mahasiswa kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, 4)mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan mahasiswa terhadap ajaran Islam daripada model pembelajaran konnvensional.
Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan design control group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Fakultas Ekonomi sebagai kelas eksprimen dan mahasiswa semester IV Fakultas Ilmu Kesehatan sebagai kelas kontrol. Penetapan semester IV dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan menetapkan masing-masing dua kelas dari empat kelas yang ada, yaitu kelas IVa dan IVb dengan sampel masing-masing 40 orang untuk kelas eksprimen dan 40 orang untuk kelas kontrol. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t di mana sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu ujian normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)pelaksanaan pembelajaran AIK di UMPAR berjalan dengan baik meskipun belum mengikuti persyaratan yang
diperlukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran AIK efektif meningkatkan pemahaman mahasiswa tetapi belun efektif dalam meningkatkan pengamalan ajaran Islam sesuai dasar agama yaitu al-Qur’an dan al-Sunnah. 3)Nilai rata-rata gain pemahaman ajaran Islam kelompok eksprimen sebesar 0,56, ini berarti hasil postest pemahaman ajaran Islam kelas eksprimen 55,6% lebih besar dari hasil pretes, dan nilai rata-rata gain pemahaman ajaran Islam kelas kontrol = 0,186. Jadi hasil postest pemahaman ajaran Islam kelas kontrol sebesar 18,6 % lebih besar dari hasil pretest. Sementara hasil pengujian t.hitung (8,861) lebih besar t.tabel ¬(1,645). Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan pada gain pemahaman ajaran Isam antara kelas eksprimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman ajaran Islam mahasiswa kelas eksprimen lebih baik dibanding kelas kontrol. 4)Nilai rata-rata gain pengamalan ajaran Islam kelas eksprimen 0,500. Ini berarti hasil postes pengamalan ajatran Islam kelompok eksprimen sebesar 50,0% lebih besar dari pretas. Sedangkan nilai rata-rata gain pengamalan ajaran Islam kelas kontrol = 0,310. Ini berarti hasil postes pengamalan ajaran Islam kelas kontrol sebesar 31,0% lebih besar dari pretes. Sementara hasil pengujian t.hitung (4.305) lebih besar dari t.tabel (1,645) Hasil pengujian menunjukkan peningkatan pengamalan ajaran Islam mahasiswa kelas eksprimen lebih baik dari kelas kontrol.
Implikasi penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) dalam proses pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan pada Universitas Muhammadiyah parepare (UMPAR), dapat meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran Islam di kalangan mahasiswa.
M.Nasir Maidin - Personal Name
2X7.3 MNA e
NONE
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...