Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Asing pada STAIN Sultan Qaimuddin Kendari
Disertasi ini bertujuan, pertama untuk mengetahui dan menganalisis pemahaman dosen tentang pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Asing; kedua, untuk mengetahui dan mendeskripsikan realisasi pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Asing; ketiga, untuk mengetahui dan menggambarkan tingkat efektivitas pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Asing pada STAIN Sultan Qaimuddin Kendari.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif dengan metode penelitian gabungan antara metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif atau dikenal dengan mixed method (qual-quant). Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis dan linguistik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, angket, observasi, tes, dan studi dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Asing pada STAIN Sultan Qaimuddin Kendari efektif, pemahaman dosen terhadap pendekatan komunikatif mayoritas berada pada kategori baik. Realitas yang ditemukan bahwa belum semua dosen menggunakan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Asing, dosen yang menggunakan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Asing meaksanakan pembelajaran sesuai dengan komponen tujuan, prinsip, dan strategi pendekatan komunikatif. Realisasi pendekatan komunikatif ditunjang dengan penyusunan silabus komunikatif, terlihat pula adanya perbedaan antara nilai hasil belajar mahasiswa yang diajar berdasarkan pendekatan komunikatif dengan mahasiswa yang diajar tidak berdasarkan pendekatan komunikatif, sehingga ditemukan adanya kontribusi realisasi pendekatan komunikatif terhadap nilai hasil belajar mahasiswa.
Implikasi penelitian ini adalah terlaksananya pembelajaran bahasa Asing berdasarkan pendekatan komunikatif secara menyeluruh pada STAIN Sultan Qaimuddin Kendari, seluruh dosen bahasa Asing memahami pendekatan komunikatif secara komprehensif, memotivasi realisasi pendekatan komunikatif yang mencakup tujuan, prinsip, dan strategi, menyiapkan pembelajaran sesuai dengan ciri-ciri pendekatan komunikatif agar tercapai tujuan pembelajarn bahasa pada empat keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) dengan kompetensi komunikatif.
Imelda Wahyuni - Personal Name
490 IME p
490
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...