Detail Cantuman Kembali
TESIS: KINERJA PELAYANAN PERPUSTAKAAN DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN ENREKANG
Kemampuan individu dan kemampuan institusi merupakan dua aspek kinerja pelayanan perpustakaan, dimana indikatornya dapat dilihat dari empat aspek, yaitu daya tanggap, keandalan, etika dan fasilitas. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hal tersebut, guna memenuhi kepuasan pemustaka.
Penelitian ini dilakukan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan manajerial yang sistematis, dimana data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik pengolahan dan analisis data yang dilakukan dengan melalui empat tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari empat indikator kinerja pelayanan perpustakaan, keandalan dan etika sudah cukup baik karena kemampuan individu pustakawan dalam memberikan pelayanan perpustakaan khususnya di bidang sirkulasi sudah mampu menanggapi keluhan dan memenuhi kebutuhan pemustaka, seperti dalam hal komunikasi yang baik, pengarahan terkait informasi yang diberikan dan kemampuan dalam hal penelusuran koleksi melalui katalog online (OPAC). Di sisi lain indikator terkait daya tanggap dan fasilitas pelayanan masih belum baik, karena pendanaan anggaran yang minim sehingga pengadaan fasilitas yang ada masih belum memadai, selain itu kemampuan institusi tergantung dari kebijakan pimpinan dalam pemenuhan hal tersebut.
Sebagai implikasi, kemampuan individu seperti keandalan dan etika agar terus dipertahankan dan dikembangkan melalui program atau kegiatan pengembangan Sumber Daya Manusia khususnya dalam hal pemberian pelayanan perpustakaan. Sedangkan kemampuan institusi seperti daya tanggap dan fasilitas diperlukan pembenahan, baik dari segi kualitas maupun segi kuantitas sarana dan prasarana, sehingga kemampuan individu dan kemampuan institusi dapat saling menunjang satu sama lain dalam memberikan pelayanan perpustakaan agar tercapai kinerja yang baik untuk kepuasan pemustaka.
Kata Kunci: kinerja, pelayanan, perpustakaan.
ANDI AHMAD CHABIR GALIB - Personal Name
001.27
001.27
Text
Indonesia
PERPUSTAKAAN DAN INFORMASI ISLAM
2019
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...