Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH MADANI ALAUDDIN PAOPAO KABUPATEN GOWA


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan perangkat pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi
menghindari dosa besar dan perilaku tercela, berdasarkan teori belajar Van Hiele
yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), Buku Siswa, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Proses
pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model 4-D Thiagarajan
yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design),
pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang
dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif berdasarkan penilaian
validator dan hasil uji coba yang dilaksanakan. Kevalidan perangkat diukur
berdasarkan penilaian hasil validasi para ahli yang memenuhi kriteria kevalidan,
yaitu (1) RPP = 3,79, (2) Buku Siswa = 3,75, dan (3) Lembar Kerja Siswa (LKS)
= 3,77 dengan masing-masing validitas isi lebih dari 75% atau V > 75%. Hal ini
menunjukkan bahwa ketiga komponen perangkat yang dihasilkan berada pada
kategori valid atau inferensia yang dilakukan adalah sahih. Kepraktisan perangkat
diukur berdasarkan lembar pengelolaan pembelajaran yang ditunjukkan dengan
terpenuhinya setiap aspek yang berada pada kategori baik dan sangat baik.
Keefektifan perangkat ditunjukkan dengan terpenuhinya 3 indikator keefektifan
yang ditetapkan, antara lain: (1) Persentase kelulusan klasikal tes hasil belajar
lebih dari 85%, (2) Terpenuhinya 7 dari 9 kategori aktivitas siswa, (3) Semua
siswa memberikan respon positif sebesar 100% dari tiap aspek yang direspon.
Muhammad Rusmin B. - Personal Name
2X7.3
NONE
Text
Indonesia
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...