Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM PERBAIKAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 3 SINJAI SELATAN KABUPATEN SINJAI


Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah Pelaksanaan Supervisi
Akademik Kepala Sekolah Dalam Perbaikan Kinerja Guru di SMA Negeri 3
Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pelaksanaan supervisi akademik Kepala Sekolah dalam perbaikan
kinerja Guru di SMAN 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Mengidentifikasi
dan mengungkapkan kinerja guru dalam pelaksanaan supervisi akademik
kepala sekolah. Mengetahui hasil pelaksanaan supervisi akademik kepala
sekolah dalam perbaikan kinerja guru di SMAN 3 Sinjai Selatan Kabupaten
Sinjai.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya peneliti mendeskripsikan
kenyataan secara benar. Untuk membahas masalah tersebut peneliti
menggunakan pendekatan penelitian; Pendekatan Metodologi meliputi:
pendekatan fenomenologi, dan pendekatan sosiologis, sedangkan Pendekatan
Keilmuan meliputi: teologis normatif, manajerial dan pedagogis. Sumber data
dalam penelitian ini adalah peneliti menggunakan data dokumentasi dan data
lapangan (field research). Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Instrumen yang peneliti gunakan dalam penelitian tesis ini berupa;
pedoman wawancara, ceklis, dan dokumentasi arsp-arsip. Data yang diperoleh
kemuadian dianalisis secara deskripsi kualitatif dengan tiga cara; reduksi data,
sajian data atau display data, dan verifikasi atau penyimpulan data.
Hasil penelitian pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam
perbaikan kinerja guru di SMAN 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. (1)
Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMA Negeri 3 Sinjai Selatan
Kabupaten Sinjai sudah terlaksana dengan baik tapi masih perlu ditingkatkan. (2)
Kinerja Guru di SMA Negeri 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai sudah megalami
peningkatan meskipun masih ada salah satu guru yang belum mengalami
peningkatan. (3) Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Perbaikan Kinerja
Guru di SMA Negeri 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai terdapat beberapa faktor
penghambat dan faktor pendukung dalam pelaksanaannya, serta upaya dalam
pemecahannya. Faktor penghambat pelaksanaan supervisi akademik kepala
sekolah yakni rekrutmen kepala sekolah yang kurang memiliki prestasi kerja yang
baik saat menjadi guru, penempatan kapala sekolah yang tidak sesuai dengan kuota,
kurangnya calon kepala sekolah yang berprestasi, pemberdayaan, kualitas/ kuantitas,
media komunikasi, dan kepala sekolah kurang, kepala sekolah tidak profesional,
kedisiplinan waktu yang kurang, dan kurangnya motivasi kerja. Faktor pendukung
xyang memperlancar tugas-tugas supervisi tidak lepas dari kemamapuan individual
kepala sekolah, yang merupakan akumulasi pengalamannya sebagai guru, sehingga
memiliki banyak pengalaman dalam menyelesaikan berbagai persoalan pendidikan.
Disamping itu, kinerja kelompok kerja kepala sekolah yang setiap semester, setiap
tahun senantiasa melaksanakan rapat persiapan dan pemantapan pelaksanaan tugas
dan fungsi supervisi. Solusi pemecahannya uakni: pengangkatan kepala sekolah harus
memacu pada peraturan yang berlaku, menghentikan rekrutmen kepala sekolah yang
kurang kompeten. Pihak terkait melakukan penempatan kepala sekolah agar tidak
terjadi ketimpangan, pemberdayaan kepala sekolah ditingkatkan, pembinaan kepala
sekolah perlu ditingkatkan, dilakukan pelatihan peningkatan kinerja guru dan kepala
sekolah sehingga memudahkan dalam melakukan bimbingan guru dan memperlancar
tugas supervisinya.
Implikasi dari hasil penelitian yaitu pelaksanaan supervisi akademik kepala
sekolah dalam perbaikan kinerja guru di SMAN 3 Sinjai Selatan Kabupaten
Sinjai. Dalam supervisi kepala sekolah perlu diketahui secara seksama dalam
meningkatkan kinerja guru. Melihat keterbatasan dan kekurangan waktu
supervisi, kiranya pihak yang terkait memberikan perhatian yang maksimal
terhadap pelaksanaan supervisi. Kepala sekolah agar kiranya pelaksanaan
supervisi makin ditingkatkan, berdasarkan temuan penulis di lapangan ada salah
satu guru yang biasa perangkat pembelajarannya tidak lengkap sehingga kepala
sekolah harus menunggu dulu melengkapinya baru kepala sekolah melakukan
supervisi terhadap guru tersebut. Pelaksanaan pelatihan dan bimbingan kapada
kepala sekolah kiranya terus ditingkatkan, mengingat tugas dan tanggung jawab
kepala sekolah sangat berat yang memerlukan keterampilan khusus dalam
perbaikan kinerja guru di SMAN 3 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.
Sudirman - Personal Name
370 SUD p
370
Text
Indonesia
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...