Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik di MTs Negeri Model Limboto Kabupaten Gorontalo


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengungkap perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran; (2) menguji pengaruh interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik; (3) mengungkap perbedaan hasil belajar bahasa Arab pada kelompok dengan motivasi belajar tinggi antara peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran; (4) mengungkap perbedaan hasil belajar bahasa Arab pada kelompok dengan motivasi belajar rendah antara peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran di Kelas VIII MTs Negeri Model Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri Model Limboto Kabupaten Gorontalo tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain treatment by levels designs 2x2, karena penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh variabel bebas dan interaksinya dengan variabel atribut terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII MTs Negeri Model Limboto. Pemilihan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang didapat dari populasi yang ada sebanyak dua kelas dari Kelas VIII yang ada di MTs Negeri Model Limboto yaitu kelas VIII2 dengan 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 dengan 35 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan angket. Data analisis secara deskiptif dan inferensial (dengan bantuan program SPSS 20,0 for Windows, exel, dilakukan dengan taraf signifikansi 5%).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Bahasa Arab antara peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran (A) dan motivasi belajar (B) terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik. (3) Pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar bahasa Arab peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Arab peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran. (4) Pada kelompok peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajar bahasa Arab peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran lebih tinggi daripada hasil belajar bahasa Arab peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran.
Implikasi hasil penelitian ini adalah dengan adanya perbedaan hasil belajar bahasa Arab antara peserta didik yang belajar dengan multimedia pembelajaran dengan peserta didik yang belajar tidak menggunakan multimedia pembelajaran memiliki implikasi bahwa guru yang mengajar dengan menggunakan multimedia pembelajaran menghasilkan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan guru yang tidak menggunakan multimedia pembelajaran. Adanya perbedaan antara peserta didik yang memiliki motivasi tinggi dan motivasi rendah terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik. Hal ini berimplikasi pada semakin tinggi motivasi belajar peserta didik, maka semakin tinggi hasil belajar peserta didik, sebaliknya semakin rendah motivasi peserta didik, maka semakin rendah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Arab. Adanya interaksi antara penggunaan multimedia pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar bahasa Arab peserta didik di MTs Negeri Model Limboto, hal ini berimplikasi pada jika guru tidak menggunakan multimedia pembelajaran dan peserta didik memiliki motivasi rendah dalam belajar, maka hasil belajar peserta didik juga akan rendah.

Zohra Yasin - Personal Name
370 ZOH p
370
Text
Indonesia
2017
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...