Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan dalam Pembinaan Madrasah Aliyah swasta di Kota Gorontalo


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan standar
pengelolaan pendidikan dalam pembinaan Madrasah Aliyah swasta di Kota
Gorontalo, (2) tantangan dalam implementasi standar pengelolaan pendidikan
pada Madrasah Aliyah swasta di Kota Gorontalo, (3) mengagambarkan
maksimalisasi implementasi standar pengelolaan pendidikan dalam pembinaan
Madrasah Aliyah Swasta di Kota Gorontalo. Permasalahan implementasi standar
pengelolaan pendidikan dalam penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan
program yaitu: (a) pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan pembelajaran,
(b) pengelolaan bidang peserta didik, (c) pengelolaan bidang pendidik dan tenaga
kependidikan, (d) pengelolaan bidang sarana dan prasarana, (e) pengelolaan
bidang keuangan dan pembiayaan, (f) pengelolaan budaya dan lingkungan
sekolah/madrasah, (g) pengelolaan bidang humas dan kemitraan.
Untuk mengkaji dan menganalisis masalah tersebut, dilakukan penelitian
lapangan (field research) pada lima Madrasah Aliyah Swasta di Kota Gorontalo
yaitu Madrasah Aliyah Al-Khairaat, Madrasah Aliyah al-Huda, Madrasah Aliyah
Muhammadiyah, Madrasah Aliyah al-Yusra dan Madrasah Aliyah Nurul Yaqiin.
Subjek penelitian ini terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala madrasah masingmasing bidang, guru, staf pegawai, peserta didik dan komite madrasah.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan multidisipliner dengan analisis data
kualitatif meliputi tiga tahap: (1) pra lapangan, (2) pekerjaan lapangan, (3)
analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum penerapan standar
pengelolaan pendidikan dalam pembinaan Madrasah Aliyah Swasta di Kota
Gorontalo sudah terlaksana meskipun ada beberapa komponen pengelolaan yang
belum terlaksana sesuai dengan standar pengelolaan pendidikan seperti pada
pengelolaan bidang peserta didik untuk aspek bimbingan dan konseling pada
pengelolaan kurikulum dan kegiatan pembelajaran, pengelolaan pembiayaan dan
keuangan, pengelolaan humas dan kemitraan. Hal ini disebabkan terdapat
beberapa tantangan yang dihadapi seperti rendahnya minat orang tua dan
masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di madrasah, perencanaan keuangan
yang kurang matang; kebijakan pemerintah dan yayasan; proses atau alur
pencairan dana yang tidak mudah, adanya program pendidikan gratis; program
kerja humas lebih fokus terhadap program-program pembinaan masyarakat
internal, sedangkan dengan masyarakat eksternal tidak begitu diperhatikan;
pengetahuan orang tua tentang madrasah kurang dari segi kondisi madrasah serta
proses pembelajarannya. Untuk maksimalisasi pengelolaan madrasah yakni
dengan memajukan keunggulan yang sudah dimilikinya. Mengingat masyarakat
kurang mengetahui sistem pendidikan yang ada di madrasah, kualitas dan prospek
dari madrasah itu sendiri.
Implikasi penelitian, hendaknya meningkatkan peran serta seluruh warga
madrasah untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki baik dari alat
pembelajaran maupun sarana prasarana untuk mendukung pengelolaan pendidikan
yang ada di madrasah.
Herson Anwar - Personal Name
2X7.3
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...