Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM PADA SEKOLAH DASAR BAN TAO POON KABUPATEN BANNANGSATA PROVINSI YALA THAILAND
Disertasi ini berkenaan dengan pengembangan strategi pembelajaran
pendidikan Islam pada Sekolah Dasar Ban Tao Poon Kabupaten Bannangsata
Provinsi Yala Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengungkapkan strategi
pembelajaran Pendidikan Islam pada Sekolah Dasar Ban Tao Poon Kabupaten
Bannangsata Provinsi Yala Thailand. 2) Mendeskripsikan faktor-faktor mendukung
dan menghambat strategi pembelajaran pendidikan Islam pada Sekolah Dasar Ban
Tao Poon Kabupaten Bannangsata Provinsi Yala Thailand. 3) Menganalisis serta
merumuskan pengembangan strategi pembelajaran pendidikan Islam pada Sekolah
Dasar Ban Tao Poon Kabupaten Bannangsata Provinsi Yala Thailand.
Penelitian ini sifatnya deskriptif dengan menggunakan beberapa pendekatan
yaitu: pedagogis, psikologis dan sosiologis. Data penelitian ini terdiri dari data
primer dan data sekunder. Data primer bersumber dari semua guru pendidikan Islam
Sekolah Dasar Ban Tao Poon Kabupaten Bannangsata Provinsi Yala Thailand dan
informasi lain yang mendukung penelitian ini seperti: kepala sekolah, peserta didik,
orang tua peserta didik dan pengawas dari dinas sekolah dasar Kabupaten
Bannangsata Provinsi Yala Thailand. Sedangkan data sekunder bersumber dari
dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk mengumpulkan data
digunakan instrumen penelitian berupa; pedoman wawancara, pedoman observasi.xxi
Selanjutnya data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan 4 cara: (1) reduksi
data,(2) display data, (3) verifikasi data, dan (4) penarikan kesimpulan. Penggecekan
keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi untuk menghindari kesalahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan Islam
di Sekolah Dasar Ban Tao Poon Kabupaten Bannangsata Provinsi Yala Thailand
telah terlaksana dengan baik terbukti adanya nilai-nilai bagi peserta didik dan
pendidikan umum dan sosial skill j bagus. Sedangkan strategi pembelajaran yang di
tempuh oleh guru pendidikan Islam dalam mengembangkan pendidikan pada peserta
didik Sekolah Dasar Ban Tao Poon Kabupaten Bannangsata Provinsi Yala Thailand
guru mengunakan strategi PQ4R+S (Preview, Question, Read, Recite, Reflect,
Review, + Social Skill) dan penggunaan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)
yang memuat nilai-nilai sesuai dengan kompetensi dasar dan standar kompetensi di
kelas, adapun faktor mendukung dan menghambat adanya sarana dan prasarana
sekolah, visi dan misi sekolah, kebijakan kepala sekolah yang mendukung salah satu
dalam pembelajaran.
Implikasi penelitian ini dalam strategi pembelajaran PQ4R+S (Preview,
Question, Read, Reflect, Recite, Review and Social Skill) ini, penulis berharapan baru
kepada pihak pemerintah Thailand atau instansi terkait sebagai salah satu penentu
kebijaksanaan, kiranya lebih proaktif dalam meningkatkan strategi pembelajaran
Pendidikan Islam pada kurikulum yang berlaku di sekolah dan strategi pembelajaran
PQ4R+S (Preview, (Question, Read, Recite, Reflect, Review, + Social Skill)
diharapkan dapat dijadikan acuan bagi semua guru di zaman sekarang ini.
JARINEE MAHA - Personal Name
2X7.3 JAR p
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...