Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA MAN 2 MODEL PALU


Pokok masalah yang dibahas dalam disertasi ini adalah bagaimana kompetensi
guru dalam pembelajaran Bahasa Arab pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu.
Selanjutnya pokok masalah tersebut di-breakdown ke dalam beberapa submasalah,
yaitu: pertama, bagaimana realitas kompetensi guru Bahasa Arab di Madrasah Aliyah
Negeri 2 Model Palu, kedua, bagaimana bentuk kompetensi guru pada pembelajaran
Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu, dan ketiga, bagaimana hasil
pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu sebagai
konsekuensi dari implementasi kompetensi guru.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan
pendekatan pedagogik, sosiologis, manajerial, dan psikologis. Sumber data penelitian
ini terdiri atas kepala madrasah, wakil kepala madrasah, pegawai, para guru, dan
pengawas pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu sebagai informan. Teknik
pengumpulan data yaitu observasi, interviu atau wawancara, dan dokumentasi.
Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan 3 cara: (1) reduksi data, (2)
display data, dan (3) verifikasi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, realitas kompetensi guru Bahasa
Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu yaitu senantiasa mengembangkan
kompetensi paedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan leadership yang
berorientasi pada pengembangan nilai-nilai pembelajaran yang berbasis Iptek dan
tidak mengabaikan nilai-nilai moralitas (Imtak), serta berusaha untuk meningkatkan
Sumber Daya Manusia (SDM) yang benar-benar utuh. Realitas kompetensi guru
Bahasa Arab dalam pengembangan pembelajaran pada MAN 2 Model Palu, yaitu
meningkatkan pemahaman terhadap tujuan pembelajaran serta meningkatkan kinerja
madrasah baik prestasi akademik maupun non akademik, kedua, bentuk kompetensi
guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu
yaitu guru yang memiliki kompetensi pada MAN 2 Model Palu senantiasa
menciptakan iklim belajar yang kondusif, mengatur kelas, melakukan umpan balik,
memberi penguatan dalam mengemukakan materi pembelajaran, mengembangkan
seluruh komponen pembelajaran, melakukan perubahan pola pikir, mewujudkan pola
kerja yang rasional, dan profesional dalam penataan kurikulum pembelajaran yang
kontekstual, dan ketiga hasil pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri 2
Model Palu sebagai konsekuensi dari implementasi kompetensi guru yaitu
penguasaan materi, struktur, konsep, dan pola keilmuan yang mendukung mataviii
pelajaran yang diampu, penguasaan kompetensi inti dan kompetensi dasar,
pengembangan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif serta pengembangan
keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
Implikasi penelitian ini adalah Kompetensi guru pada MAN 2 Model Palu
sangat terkait dengan motivasi, sertifikasi pendidik, dukungan kepala madrasah,
pembinaan dari pengawas pendidikan, dan peningkatan kuantitas dan kualitas
kegiatan pendidikan dan pelatihan. Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu di
harapkan memberi kontribusi bagi guru dalam mengajarkan materi pembelajaran
Bahasa Arab kepada peserta didik, sehingga dapat membudayakan bahasa Arab
dalam lingkungan Madrasah, dan kepada seluruh pembina dan guru Madrasah Aliyah
Negeri 2 Model Palu, agar selalu meningkatkan metode mengajar dalam
pembelajaran Bahasa Arab supaya dapat membentuk peserta didik yang interaktif,
kreatif, inovatif, aktif, dan menyenangkan serta menciptakan generasi muda yang
cerdas dan bertakwa kepada Allah swt
MOHAMAD IDHAN - Personal Name
370 MOH k
370
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...