Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: IMPLEMENTASI TUGAS PENGAWAS DALAM MENDUKUNG KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA KABUPATEN SINJAI
Pokok masalah yang diteliti dalam disertasi ini adalah bagaimana implementasi
tugas pengawas dalam mendukung kinerja guru Pendidikan Agama Islam di SMA
Kabupaten Sinjai. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan implementasi tugas
pengawas Pendidikan Agama Islam di SMA Kabupaten Sinjai, mengetahui kontribusi
tugas pengawas dalam mendukung kinerja guru Pendidikan Agama Islam SMA di
Kabupaten Sinjai, menemukan faktor pendukung dan penghambat implementasi
tugas pengawas dalam mendukung kinerja guru Pendidikan Agama Islam SMA di
Kabupaten Sinjai, serta solusinya.
Metode penelitian yang digunakan adalah dari segi jenisnya mengacu pada
metode penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian lebih mengutamakan disiplin ilmu
pedagogik. Sumber data penelitian ini terdiri atas dua, yakni data primer dan skunder.
Pengumpulan data melalui (1). Wawancara, (2). Observasi, (3). Dokumentasi.
Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menata secara sistematis
catatan hasil pengamatan data tertulis, fokus analisis data berdasar pada induktif
dengan beberapa tahapan analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi tugas pengawas
Pendidikan Agama Islam di SMA Kabupaten Sinjai dalam kedudukannya sebagai
tenaga kependidikan profesional berfungsi sebagai unsur pelaksana supervisi
pendidikan yang mencakup supervisi akademik dan supervisi manajerial yang
mengacu pada program kerja tahunan (Prota), program semesteran (prosem), dan
program tahapan (protap). Kontribusi tugas pengawas dalam mendukung kinerja
guru Pendidikan Agama Islam pada SMA di Kabupaten Sinjai adalah dengan
pengorganisasian aktivitas-aktivitas kerja untuk mencapai sasaran, dilakukan melalui
suatu team kerja yang mengutamakan pengembangan SDM guru PAI untuk tingkat
SMA dengan cara terus meningkatkan kemampuan dalam memposisikan diri sebagai
pengawas, memonitoring dan bertindak sebagai inovator bagi mitra kerja, sertaxviii
berupaya agar dapat melakukan berbagai pembaruan, demi terciptanya sekolah yang
berkualitas. Faktor pendukung implementasi tugas pengawas dalam mendukung
kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada SMA di Kabupaten Sinjai, adalah adanya
pengaturan dan standarisasi kepengawasan yang ditetapkan untuk peningkatan mutu
pendidikan dengan mengacu pada manajemen pendidikan yang mengembangkan
kreativitas, inovasi, dan modernisasi dalam proses kependidikan. Ditemukan faktor
penghambat dalam mendukung kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada SMA di
Kabupaten Sinjai di antaranya medan yang cukup luas dengan jumlah sekolah 37
buah, sebaran sekolah tersebut tidak merata, ditambah lagi minimnya jumlah
pengawas, sehingga menyebabkan kegiatan kepengawasan tidak terlalu maksimal
karena harus melayani banyak sekolah, demikian pula kurangnya minat kepala
sekolah/guru yang berprestasi mutasi ke jabatan pengawas. Sebagai solusi untuk
meningkatkan kinerja Pengawas serta peningkatan mutu pendidikan SMA Kabupaten
Sinjai, diperlukan usaha maksimal dari semua stake holder pendidikan di daerah ini,
dan yang terpenting dilakukan adalah senantiasa melakukan pengawasan secara ketat,
sistemetis, dan komprehensif dalam upaya mengembangkan kemampuan sumber
daya manusia, dan mengupayakan kepada semua guru untuk terlibat dalam pelatihan
yang dirancang sesuai dengan kebutuhan.
Penelitian ini merekomendasikan kepada Kementarian Agama Kabupaten
Sinjai agar menambah jumlah seperdua pengawas, yakni dari empat menjadi
delapan orang pengawas dalam rangka efektivitas implementasi tugas pengawas
dalam mendukung kinerja guru PAI tingkat SMA Kabupaten Sinjai.
Direkomendasikan pula kepada pihak pemerintah untuk memberikan sarana dan
prasarana yang memadai kepada setiap pengawas, misalnya kendaraan dinas yang
layak pakai untuk menjangkau semua sekolah, SMA dalam wilayah
pengawasannya.
MUH. JUDRAH - Personal Name
2X7.3 MUH i
NONE
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...