Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: HUBUNGAN TINGKAT RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS TARBI¬YAH DAN KEGURUAN UIN ALAUDDIN MAKASSAR ANGKATAN 2009/2010


Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana hubungan keberagamaan (religiusitas) dengan perilaku belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2009/2010. Dari pokok masalah tersebut dikemukakan beberapa submasalah penelitian, yakni: 1) Bagaimana gambaran religiusitas mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2009/2010, 2) Bagaimana gambaran perilaku belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2009/2010, 3) Adakah signifikansi hubungan keberagamaan (religiusitas) dengan perilaku belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2009/2010
Penelitian ini adalah penelitian survei, populasinya adalah seluruh mahasis¬wa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar Angkatan 2009/2010 yang berjumlah 498 orang. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 98 orang. Tek¬nik pengambilan sampel adalah penentuan sampel secara Insidental sampling dengan pertimbangan bahwa mahasiswa tidak sela¬ma¬nya ber¬sa¬ma¬an datang ke kampus pada saat penelitian. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner sebagai instrumen utama. Analisis yang digunakan adalah analisis des¬kriptif dan inperensial dengan menggunakan teknik analisis korelasi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh tingkat religiusitas mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2009/2010, yang dibentuk dari aspek keyakinan, ritual, intelektual, dan sosial berada pada kategori sangat religius dengan jumlah frekuensi responden sebanyak 65 orang atau 65%, 32% religius, dan 1% biasa. Variabel perilaku belajar mahasiswa masuk pada kategori tinggi dengan frekuensi 68 atau 68%, dan sangat baik 20%, sedang 10%.
Berdasarkan analisis korelasi sederhana diperoleh bahwa tingkat religiusitas mahasiswa berpengaruh positif terhadap perilaku belajar mahasiswa. Hal ini dapat di lihat dari koefisien korelasi tingkat religiusitas sebesar 0,662. Berdasarkan hipotesis yang dibangun, maka dapat simpulkan bahwa semakin tinggi tingkat religiusitas mahasiswa maka ada kecenderungan perilaku belajar mahasiswa akan semakin baik atau semakin rajin. Dan berdasarkan nilai R square sebesar 0,438 menunjukkan bahwa variabel tingkat religiusitas memberikan korelasi positif terhadap perilaku belajar mahasiswa di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar angkatan 2009/2010 sebesar 43,8%.
Implikasi penelitian: 1) pemahaman agama yang komprehensif, baik ibadah mah{d{ah, maupun ibadah gairu mah{d{ah, mempengaruhi perilaku belajar mahasiswa kearah yang positif, baik dan semakin rajin, 2) perilaku belajar mahasiswa dapat ditingkatkan melalui keberagamaan (religiusitas) karena hasilnya sangat positif dan signifikan dalam meningkatkan perilaku belajar mahasiswa, 3) bagi Dosen untuk selalu menyampaikan pesan-pesan moral kepada mahasiswa, karena sangat berpengaruh terhadap peningkatan perilaku belajar dan membuat mahasiswa semakin rajin, atau respon mahasiswa semakin tinggi dalam menjalani dunia akademik.

Nuryamin - Personal Name
370 NUR h
370
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...