Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Strategi Pembina Pondok Pesantren dalam Mengubah Pola Pikir dan Perilaku Santri (Studi pada Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare)
Disertasi ini mengkaji tentang bagaimana strategi pembina pondok
pesantren dalam mengubah pola pikir dan perilaku santri (studi pada Pondok
Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk: (1) mendeskripsikan realitas pola pikir dan perilaku santri Pondok
Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare; (2) menganalisis strategi
pembina Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare dalam mengubah pola pikir dan perilaku santri; (3) menjelaskan faktor pendukung dan
penghambat yang dihadapi pembina Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI
Kota Parepare dalam mengubah pola pikir dan perilaku santri; dan (4) menemukan
solusi dalam mengatasi faktor penghambat yang dihadapi pembina Pondok
Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare dalam mengubah pola pikir dan
perilaku santri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu suatu jenis penelitian
yang menggunakan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang
atau pelaku yang diamati. Lokasi penelitian adalah Pondok Pesantren AlMunawwarah GUPPI Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian
adalah pendekatan pedagogis, pendekatan sosiologis, pendekatan psikologis, dan
teologis normatif. Penelitian menggunakan pengambilan sumber data secara
purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dokumentasi, penelusuran referensi, dan triangulasi. Instrumen utama dalam
penelitian ini adalah peneliti sendiri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk melakukan
pengecekan keabsahan data penulis menggunakan kriteria derajat kepercayaan
(credibility) dan kepastian (confirmability).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas pola pikir dan perilaku santri
Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota Parepare pada awal masuk ialah
masih buta aksara huruf dan tila>wah al-Qur’an, belum disiplin dalam beribadah,
memiliki ketergantungan (depend) kepada orang tua, berperilaku boros, tidak taat,
patuh, dan hormat kepada pembina, kurangnya sense belonging, dan kurangnya
pemahaman tentang pentingnya pendidikan. Bentuk strategi yang dilakukan oleh
pembina Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPP dalam mengubah pola pikir dan
perilaku santri dilakukan dengan melaksanakan program pendidikan secara
menyeluruh (komprehensif). Hal tersebut ditempuh dengan penegakan disiplin
melalui kode etik pondok pesantren dan tata tertib madrasah, pengembangan nilainilai akhlak mulia yang berpijak pada lima jiwa pondok pesantren, yaitu ikhlas,xx
sederhana, mandiri, persaudaraan, dan kebebasan. Bimbingan dan pembinaan santri
dilakukan melalui proses pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan
intrakurikuler, dan dalam aktivitas keseharian. Faktor pendukung dalam mengubah
pola pikir dan perilaku santri di Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota
Parepare ialah adanya perhatian khusus terutama pada santri yang memiliki masalah
dalam pendidikan dan pergaulan di pondok pesantren, adanya kerjasama dan
koordinasi yang baik di antara pembina. Sedangkan faktor penghambat yang
dihadapi oleh pembina adalah masih adanya santri yang memiliki rasa kesadaran
yang kurang, kesadaran orang tua dalam menanggapi hukuman yang diberikan oleh
pembina dan anaknya, masih adanya orang tua santri yang cenderung campur
tangan pola pembinaan dan pendidikan anaknya. Adapun solusi dalam mengatasi
faktor penghambat yang dihadapi pembina Pondok Pesantren Al-Munawwarah
GUPPI Kota Parepare dalam mengubah pola pikir dan perilaku santri adalah tekad
dan motivasi yang tinggi dari pembina pondok pesantren, kedisiplinan pembina
pondok pesantren, kesepahaman antara pembina, orang tua, dan santri terhadap
kode etik pondok pesantren, peningkatan sumber daya manusia (SDM) pembina
pondok pesantren, membina hubungan kerjasama yang baik antara pembina pondok
pesantren, dan teladan pembina pondok pesantren.
Implikasi penelitian ini adalah pola pembinaan yang telah diterapkan dan
dilaksanakan oleh pembina Pondok Pesantren Al-Munawwarah GUPPI Kota
Parepare agar dijalankan dengan baik dan ditingkatkan. Pembinaan tersebut
dilaksanakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab, para santri diharapkan lebih
giat lagi dalam menerapkan pendidikan akhlak holistik integratif. Nilai-nilai akhlak
inti yang dikembangkan tersebut, diintegrasikan secara menyeluruh dan integral
dalam setiap program pendidikan yang dijalankan, baik dalam program intrakurikuler, ekstrakurikuler, kokurikuler, maupun bimbingan dan penyuluhan.
Hendaknya orang tua santri memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada pimpinan
dan pembina pondok pesantren untuk melakukan pembinaan terhadap anaknya.
Kerjasama antara pihak pondok pesantren dan orang tua santri perlu tetap
dilaksanakan dengan berdasarkan tugas dan wewenangnya masing-masing. Upaya
mengatasi hambatan dalam pola pembinaan dan pengasuhan santri dalam mengubah
pola pikir dan perilaku santri agar dapat direalisasikan dengan baik
Muhammad Idris Usman - Personal Name
2X7.3 MUH s
NONE
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...