Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: POLA PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK MASYARAKAT SUKU BAJO DI KOTA KENDARI


Disertasi ini berkenaan dengan studi Pola Pendidikan Islam pada anak
Masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari. Pokok masalah dalam penelitian ini adalah
Bagaimana Pola Pendidikan Islam pada anak Masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari,
yang menjadi sub masalah dalam penelitian ini adalah, 1) bagaimana pola pendidikan
Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari. 2). bagaimana faktor
pendukung dan penghambat penerapan metode pendidikan Islam dalam
pembentukan akhlak anak pada masyarakat suku Bajo di Kota Kendari. 3)
bagaimana konstribusi pola pelaksanaan pendidikan Islam pada anak masyarakat
Suku Bajo di Kota Kendari dan tujuan penelitian ini yaitu, pertama, menganalisis
dan merumuskan pola pendidikan Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota
Kendari, kedua, mengidentifikasi dan menemukan faktor pendukung dan
penghambat penerapan pola pendidikan Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di
Kota Kendari serta solusinya, dan ketiga, mendeskripsikan konstribusi pola
pelaksanaan pendidikan Islam pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif
dengan pendekatan interaksi simbolik, fenomenologis, yuridis normatif, dan
psikologis, Sumber data penelitian ini terdiri dari tokoh masyarakat, toko agama,
tokoh pendidikan dan masyarakat suku Bajo sebagai informan. Teknik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan Instrumen atau daftar pertanyaan, wawancara,
observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik
analisis/pengolahan data bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan 3
tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pola pendidikan Islam pada
anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari dilakukan dengan memperbaiki taraf
hidup, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, serta mengangkat harkat dan
martabat mereka adalah melakukan pemberdayaan dan pendampingan melalui
pendidikan Islam, dan pendidikan Islam dapat memberi kemampuan praktis, yakni
baca, tulis, al-Qur’an dan hitung, penanaman nilai-nilai keimanan, keteladanan dan
pemberian nasehat serta keterampilan-keterampilan khusus, penanaman pengetahuan
tentang prinsip-prinsip ekologi lewat pengalaman belajar secara konkret. Dari semua
faktor pendukung penerapan pendidikan Islam dalam pembentukan dan penanaman
nilai-nilai keislaman pada anak masyarakat Suku Bajo di Kota Kendari yaitu;viii
pertama, Pendirian Lembaga Pendidikan yang diletakkan di perkampungan suku
Bajo hal ini dilakukan dengan pembangunan sesuai dunia dan kepentingan Suku
Bajo di Kota Kendari, kedua, sikap dan komitmen yang tinggi dan partisipasi dari
berbagai pihak baik pemerintah maupun tokoh agama yang ada dikota Kendari dan
sumbangsih dari masyarakat dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat
pesisir, ketiga, penciptaan iklim untuk meningkatkan penghasilan suku Bajo di
Kendari yang bermukim di pesisir pantai, adapun faktor penghambat meliputi,
kurangnya akses dan kesadaran untuk sekolah, peserta didik karena seringnya
dilibatkan anak usia sekolah mencari rezeki di laut serta kurangnya peduli sebagian
orang tua terhadap pendidikan anak-anaknya. pendidikan, yang menjadi problema
adalah belum adanya suku Bajo yang menjadi guru bagi sukunya sendiri, dan faktor
tujuan, bagi suku Bajo belum memiliki tujuan yang jelas dalam belajar dan
bersekolah, Ketiga bahwa dalam rangka pemberdayaan masyarakat Bajo di Kendari
pada aspek pendidikan, sedikitnya ada dua macam konstribusi perspektif yang lazim
digunakan untuk mendekati masalah di masyarakat Bajo khususnya pada aspek
pendidikan di Kota Kendari, yaitu pertama, perspektif kultural, dan kedua,
perspektif struktural
Implikasi penelitian ini adalah pertama, bahwa pelaksanaan pendidikan Islam
pada suku Bajo ditinjau dalam berbagai aspek dan pemberlakuannya dapat
dikembangkan berdasarkan perkembangan dunia pendidikan Islam yang sekarang
masih bervariatif, kedua, pola pendidikan Islam secara informal, formal dan
nonformal pada Suku Bajo di Kota Kendari, agar dapat di intensifkan terutama
pendidikan Islam yang bertumpu pada pengajian al-Qur’an,penanaman nilai-nilai
keimanan,keteladan dan hikayat-hikayat orang saleh sehingga anak-anak suku bajo
secara pelan-pelan dapat menbaca al-Qur’an secara tartil dan memahami pentingnya
shalat, keteladan untuk memiliki akhlak mulia, dan pola Pendidikan Islam dalam
masyarakat Bajo di kota Kendari dapat dilakukan dalam bentuk pesanteren kilat,
majelis taklim dan pengajian rutin sebagai kegiatan tokoh agama yang berada
disekitar permukiman Suku Bajo di Kendari sehingga pemahaman nilai agama dan
kesadaran tentang pendidikan Islam dapat dipahami secara kondisional, damai dan
bersahabat, sehingga dapat mewujudkan Islam sebagai ajaran damai-rahmatan lil
alamin
Herman - Personal Name
2X7.3 HER p
NONE
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...