Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Pola Pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dan Implementasinya Tentang Manajemen Pendidikan Islam Dalam Lingkungan Darud Da’wah Wal-Irsyad (DDI)
Disertasi ini membahas tentang Pola Pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo
Dalle dan Implementasinya Tentang Manajemen Pendidikan Islam Dalam
Lingkungan DDI. Tujuan penyusunan disertasi ini adalah untuk mengetahui dan
mendapatkan gambaran tentang pola pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle
dalam memimpin dan menata organisasi DDI yang didalammya membina dan
menyelenggarakan pendidikan pondok pesantren serta lembaga-lembaga madrasah
dan sekolah mulai dari tingkat RA sampai pada tingkat MA dan Sekolah Kejuruan
(SMK) serta Perguruan Tinggi.
Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriftif dengan jenis
penelitian kualitatif. Teknik pengumpulam data dilakukan dengan menggunakan
instrumen berupa, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sasaran penelitian
adalah para pejabat dan mantan pejabat pemerintah sipil dan militer, tokoh
masyarakat, tokoh pendidik, dan yang paling pokok adalah para tokoh-tokoh dan
pengurus organisasi DDI khususnya yang dekat dan pernah merasakan hidup
bersama dengan K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dalam menjalankan organisasi DDI
maupun lembaga pendidikan yang secara langsung dibinanya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pola pemikiran K.H. Abd.
Rahman Ambo Dalle tentang manajemen dapat diperhatikan melalui tingkah laku
dalam kepemimpinan organisasinya. Kemampuan manajerialnya yang cukup
mempuni dan revolusioner telah mampu menghadirkan sebuah organisasi besar
seperti DDI. Kehadiran DDI sebagai sebuah organisasi sangat diperhitungkan
diantara organisasi-organisasi besar lainnya, seperti; Nahdatul Ulama,
Muhammadiyah dan yang lainnya. Disisi lain, perbedaan yang cukup mendasar
antara dirinya dengan ulama-ulama besar lainnya, khususnya gurunya (AG.K.H.
Muhammad As’ad) adalah pemberlakuan kurikulum baru dalam sistem madrasahnya
seperti; penyajian materi bahasa Inggris, penggunaan celana panjang yang
menggantikan sarung, dan penggunaan jas dan dasi serta yang lainnya. Pola
pemikiran yang revolusioner ini selanjutnya mampu mengantarkan organisasi DDI
dengan perkembangan yang pesat tampak pada tingkat persebarannya di 20 (duaxxi
puluh) provinsi di Indonesia, dengan jumlah pengurus wilayah sebanyak 10 buah, 54
pengurus Daerah, 388 Pengurus Cabang, 172 Pengurus Ranting, 1075 buah
madrasah, 75 buah Pondok Pesantren, dan 12 Sekolah Tinggi serta 1 buah
Universitas dengan status terdaftar. Keberhasilan kepemimpinan K.H. Abd. Rahman
Ambo Dalle didasari dengan kemampuan manajerial yang sangat baik, sehingga
dalam penyelenggaraan organisasi dan lembaga pendidikan yang dibinanya dapat
berjalan dengan baik pula sesuai dengan mekanisme kerja manajemen pada
umumnya. Kedua, pola pemikiran yang dikembangkannya sesuai dengan konsep
umum manajemen modern dengan implementasi tradisional yang meliputi;
Kepemimpinan, Pengorganisasian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen
Keuangan, Manajemen Kurikulum, Manajemen Kesiswaan, dan Manajemen Sarana
dan Prasarana. Konsep ini kemudian dikembangkan oleh K.H. Abd. Rahman Ambo
Dalle dengan berlandaskan pada sebersih-bersih tauhid, setinggi-tinggi ilmu, dan
sepintar-pintar siyasah. Penerapannya menggunakan pendekatan keilahian melalui 8
(delapan) nilai-nilai dan prinsip manajemen pendidikan Islam , meliputi; 1)
keikhlasan, 2) kejujuran, 3) amanah, 4) keadilan, 5) tanggung jawab, 6) praktis, 7)
dinamis, dan 8) universal. Kesemua prinsip implementasi manajemen tersebut,
didasarkan pada sikap keikhlasan dengan pendekatan keilahian, dan Ketiga, pola
pemikiran K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle tentang manajemen telah mampu
menginspirasi bagi para pengurus organisasi DDI dan pengelola lembaga pendidikan
yang bernaung di bawahnya. Sehingga karakter utama yang ada dalam pengelolaan
organisasi dan lembaga pendidikan yang ada, senantiasa mengedepankan sikap
keikhlasan dengan pendekatan keilahian. Sikap ini adalah buah dari ketauladanan
yang telah ditampilkan oleh K.H. Abd. Rahman Ambo Dalle dalam menjalankan
kepemimpinannya pada lembaga pendidikannya dan organisasi DDI.
Implikasi penelitian ini adalah bahwa Pola pemikiran K.H. Abd. Rahman
Ambo Dalle terhadap manajemen pendidikan Islam dalam lingkungan DDI, telah
menjadi sumber inspirasi utama bagi para pengurus DDI pada seluruh wilayah,
cabang, dan ranting dalam pengelolaan lembaga pendidikan baik madrasah, maupun
sekolah serta sekolah tinggi yang ada dalam lingkungan DDI diseluruh wilayah
Indonesia.
Muh. Yunus Shamad - Personal Name
2X7.3 MUH p
Text
Indonesia
2014
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...