Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Implementasi Brain Based Teaching pada Tanan Kanakkanak di Kota Parepare (Telaah Kritis Pendidikan Agama Islam bagi Anak Usia Dini)
Penelitian disertasi ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan implementasi
brain based teaching bagi anak usia dini pada TK di Kota Parepare dalam perspektif
pendidikan Islam; (2) mengungkapkan penerapan brain based teaching menurut
pendidikan Islam bagi anak usia dini dalam mempengaruhi perkembangan
kecerdasan pada peserta didik TK di Kota Parepare; (3) menganalisis persepsi dan
argumentasi stakeholder terhadap penerapan brain based teaching pada TK di Kota
Parepare.
Penelitian disertasi ini tergolong jenis penelitian kualitatif dan mengambil
lokasi penelitian pada TK Islam di Kota Parepare. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pedagogis dan relegiuss. Sumber data yaitu pendidik dan
kepala TK Islam (data primer), dan stakeholder atau orang tua peserta didik (data
sekunder). Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu oleh instrument
pengum\pulan data, yaitu panduan observasi, pedoman wawancara mendalam, check
list dokumen, panduan FGD, kamera digital, dan tape recorder. Metode
pengumpulan data yaitu observasi berperan serta, wawancara mendalam, studi
dokumen, dan triangulasi. Teknik pengolahan dan analisis data yaitu reduksi kata,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun teknik pemeriksaan
keabsahan data, yaitu credibility (validas internal), transferability (validitas
eksternal), dependability (reability), dan confirmability (objektivitas).
Hasil penelitian ini adalah: pertama, Implementasi brain based teaching
(BBT) bagi Anak Usia Dini pada TK Islam di Kota Parepare dalam Perspektif
Pendidikan Islam, yakni pembelajaran masih berpusat kepada pendidik dan mengacu
pada RKH. Materi PAI pada TK Islam di Kota Parepare adalah aqidah, ibadah,
akhlakul karimah, sejarah peradaban Islam, dan disajikan dengan cara belajar sambil
bermain dan bernyanyi, bebas berekspresi, bersifat sekuensial, rileks dan
menyenangkan, bermakna dan bertujuan, berbasis ketuntasan, berkisah,
mendemonstrasikan, bermain peran, memberi motivasi, dan bersifat multi stimulus..
Dalam pandangan pendidikan Islam, implementasi BBT di TK Islam adalah:
menggunakan musik yang dapat meneguhkan aqidah, mempertajam emosional dan
relaksasi, menggambar yang menyerupai makhluk bernyawa, membatasi pergaulan
peserta didik sejak dini. Kedua, implementasi pembelajaran brain based teaching
menurut perspektif pendidikan Islam bagi anak usia dini dalam mempengaruhi
perkembangan kecerdasan pada peserta didik TK di Kota Parepare, yaitu
pengembangan kecerdasan sosial melalui implementasi BBT pada TK Islam di Kota
Parepare berkategori ‘rendah’ dengan skor 38.9% yakni pembelajaran berkelompok,xviii
disiplin kerja tugas, pembagian kelompok berdasarkan jenis kelamin, memberi tugas
untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan akhlakul karimah; mengajarkan
bahasa yang sopan dan santun, memulai dan menutup pelajaran dengan membaca
do’a bersama, mengucapkan salam dan bersalaman ketika bertemu dan berpisah,
pendidik memberi apresiasi, dan peserta didik merasakan suasana aman, tenang, dan
stabil dalam bekerja kelompok; pengembangan kecerdasan emosional melalui
implementasi BBT pada TK Islam di Kota Parepare berkategori ‘sedang’ dengan
skor 44.9% yakni pendidik TK harus menjadi modeling (teladan) di dalam kelas,
menumbuhkan sikap toleran, ekspresi emosi yang positif dan rasa syukur kepada
Allah, peduli sosial dan lingkungan; musik kreatif, memperhalus budi pekerti, dan
meneguhkan akidah; menjadikan anak gembira dalam belajar; pengembangan
kognitif melalui implementasi BBT pada TK Islam di Kota Parepare berkategori
‘sedang’ dengan skor 47.1%, yakni belajar harus diniatkan untuk mencari ridha
Allah swt., belajar dimulai dan diakhiri dengan membaca do’a, mengembangkan
hafalan dengan bernyanyi dan bermain, menghindari gambar bernyawa sesuai
petunjuk hadis; dan pengembangan kecerdasan kinestetis implementasi BBT pada
TK Islam di Kota Parepare berkategori ‘sedang’ dengan skori 49.3%, yakni kegiatan
bermain, senam, dan menari. Pengembangan kinestetis sebaiknya diarahkan untuk
kekuatan, kelenturan, kesehatan, percaya diri, dan keseimbangan dalam beribadah
dan berkarya yang positif, misalnya untuk ibadah wudhu, shalat, menggambar,
menulis; dan pengembangan kecerdasan reflektif melalui implementasi BBT pada
TK Islam di Kota Parepare berkategori ‘rendah’ dengan skor 38.2%, yakni mampu
menjelaskan tentang agama, membaca doa, metode kisah tokoh teladan harus lebih
banyak disajikan, menghindari cerita mitos, melakukan karyawisata ke tempat
ibadah dan menumbuhkan sikap toleransi, menggunakan pakaian shalat ketika
praktik shalat; ketiga, persepsi stakeholder/orang tua terhadap implementasibrain
based teaching pada TK di Kota Parepare perlu diapresiasi. Orang tua atau
masyarakat menyarankan kepada pendidik untuk menerapkan pembelajaran yang
terjangkau oleh pancaindra anak, yang sering disaksikan dalam kehidupannya,
mengarahkan dan mengapresiasi setiap kegiatan anak, memberikan motivasi dan
membiasakan kegiatan positif pada anak, serta memberikan contoh dan keteladanan
Penelitian ini berimplikasi kepada pemerintah khususnya Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Nasional tingkat kabupaten melalui otonomi daerah
agar lebih proaktif dan mensupport kegiatan pembelajaran yang relevan dengan
pendekatan BBT pada TK di Kota Parepare. Kepada pengelola pendidikan
khususnya pada lembaga anak usia dini agar bersikap inklusif dan fleksibel terhadap
pendekatan BBT yang relevan dan paling tepat. Kepada stakeholder (orang tua
peserta didik) agar mendukung program pendidikan dan pembelajaran di TK baik
secara langsung maupun tidak langsung. Penerapan BBT di TK diperlukan adanya
sistem area dengan sarana dan alat peraga yang memadai, lokasi dan halaman TK
yang luas yang memungkinkan peserta didik belajar secara natural dan rileks, jauh
dari gangguan bahaya fisik, kebisingan, dan gangguan alam lainnya.
ST. WARDAH HANAFIE DAS - Personal Name
2X7.3 WAR i
NONE
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...