Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: GAGASAN MUHAMMAD IQBAL TENTANG INTEGRASI PENDIDIKAN (Refleksi Kritis tentang Problematika Integrasi Pendidikan)


Disertasi ini membahas tentang gagasan Muhammad Iqbal tentang
integrasi pendidikan. Pokok permasalahan yang diajukan adalah Bagaimana
gagasan pemikiran Muhammad Iqbal tentang integrasi pendidikan? Pokok
permasalahan ini dibahas dengan membatasinya pada sub masalah, yaitu:
Bagaimana pemikiran Muhammad Iqbal tentang pembaruan pendidikan?
Bagaimana dinamika integrasi pendidikan menurut Muhammad Iqbal? Dan
Bagaimana sumbangan pemikiran Muhammad Iqbal dalam menjawab
problem dualitas pendidikan pada masa kekinian?
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
library research (penelitian pustaka) yang bersifat deskriptif analitik kritis
untuk memberikan gambaran analisa tentang konsep integrasi pendidikan yang
dicetuskan oleh Muhammad Iqbal. Adapun metode pendekatan yang dipakai
adalah metode pendekatan multi disipliner untuk menggambarkan kondisi dan
alur pemikiran Muhammad Iqbal tentang tema yang dibahas. Dengan
pendekatan ini diharapkan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
pemikiran Muhammad Iqbal tentang pembaharuan pendidikan serta
mengungkap konsep integritas pendidikan menurut Muhammad Iqbal, serta
untuk mengungkapkan pemikiran Muhammad Iqbal tentang integrasi
pendidikan Islam.
Disertasi ini menguraikan tentang munculnya keterbelakangan dan
ketertinggalan dunia muslim dalam sains dan teknologi yang dapat dilacak
pada lenyapnya berbagai macam cabang ilmu-ilmu aqliyah dari tradisi
keilmuan dan pendidikan muslim. Pada saat yang sama ilmu-ilmu aqliyah tadi
mengalami transmisi ke dunia Eropa yang selanjutnya mereka kembangkan
sehingga mendorong terjadinya pencerahan (aufklarung) yang pada akhirnya
menghasilkan renaisance dan revolusi industri. Dualisme ilmu pendidikan dan
ketertinggalan umat muslim telah mendorong munculnya berbagai macam
pembaruan termasuk dalam bidang pendidikan sebagai patokan utama
perkembangan peradaban dan kebudayaan umat Islam. Termasuk di dalamnya
adalah upaya melakukan kembali integrasi keilmuan dalam sistem pendidikan
Islam, yaitu integrasi antara ilmu-ilmu umum dan ilmu-ilmu agama.
Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa dari pengamatan
Muhammad Iqbal tentang keterpurukan Umat Islam di dunia ini adalah karena
adanya pemisahan bidang-bidang keilmuan yang memisahkan antara agama
dan bidang umum lainnya. Dengan demikian, Iqbal kemudian merumuskan
perlunya kembali melakukan pembaruan dalam bidang pendidikan Islam,
terutama sekali adalah dengan membangun basis integrasi pendidikan dalam
pendidikan Islam. Oleh karena itu penelitian ini diharapkan mampu
memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan sistem pendidikan
Islam, terutama sekali dalam hubungannya dengan pengembangan integrasi
pendidikan.
Nahariah Rumpa - Personal Name
370 NAH g
370
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...