Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Pembaruan Sistem Pengelolaan Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Wumialo Kota Gorontalo
Permasalahan pokok pada disertasi ini, bagaimana pembaruan sistem
pengelolaan pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Wumialo
Kota Gorontalo? Dengan submasalah, yaitu: bagaimana perspektif pembaruan
sistem pengelolaan pendidikan, bagaimana implikasinya, kendala yang dihadapi
serta solusinya. Tujuannya mengkaji perspektif pembaruan pengelolaan pendidikan,
mengetahui implikasinya, mengidentifikasi kendala yang dihadapi dan solusinya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yakni
mendeskripsikan hasil penelitian secara verbal. Pendekatan penelitian yaitu
pendekatan pedagogis, manajerial, sosiologis dan yuridis formal. Sumber data pada
penelitian ini meliputi data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari
informan, dan data sekunder, yaitu data yang diambil dari berbagai dokumen yang
relevan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya menganalisisnya berdasarkan
pengorganisasian data, reduksi data dan penafsiran data.
Hasil penelitian menunjukkan, pembaruan pengelolaan sistem pendidikan
pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan Wumialo Kota Gorontalo,
yaitu: (1) Pada pengelolaan kelembagaan madrasah telah dilakukan pembaruan pada
aspek organisasi madrasah, meliputi perubahan struktur madrasah dan tersusunnya
visi, misi dan tujuan madrasah. Pada aspek peserta didik, dilakukan promosi
kegiatan, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengawasan terhadap seluruh
kegiatan. Pada aspek keuangan, dilakukan penyusunan RAPBM melibatkan komite
madrasah, pembayaran honor dan tunjangan tepat waktu, transparansi dalam
pengelolaan. Pada aspek fasilitas madrasah, dilakukan perencanaan fasilitas,
pelibatan komite madrasah pada perencanaan, pelaksanaan pembangunan, dan
mengadakan evaluasi kegiatan. Pada aspek peran serta masyarakat, meliputi
perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan berupa membangun sinergitas dan
kepercayaan masyarakat, mengaktifkan komite, membentuk dewan mutu, membantu pendanaan, penggalian dana, dan evaluasi kegiatan; (2) Pada pengelolaan
kurikulum, dilakukan perubahan struktur dan muatan kurikulum, tersusunnya
dokumen kurikulum, perbaikan proses pembelajaran dan evaluasi, apresiasi atas
hasil portofolio peserta didik, mandiri dalam menyusun naskah ujian; (3) Pada
pengelolaan ketenagaan, terlaksananya perencanaan dan rekrutmen ketenagaan,
penugasan mengajar sesuai keilmuan, adanya penghargaan dan hukuman, pembinaan
karir, evaluasi kinerja. Implikasi positif pembaruan sistem pengelolaan pendidikan
meliputi: (1) Pada pengelolaan kelembagaan madrasah, tertatanya pengelolaan
organisasi madrasah, peserta didik, keuangan, fasilitas madrasah dan peran sertaxiii
masyarakat. (2) Pada pengelolaan kurikulum, terlaksananya perencanaan kurikulum
madrasah, tersusunnya kurikulum madrasah, terlaksananya kegiatan pembelajaran
dan evaluasi belajar yang berkualitas. (3) Pada pengelolaan ketenagaan, tertatanya
pengelolaan ketenagaan, terlaksananya tugas sesuai keilmuan, kedisiplinan, dan
meningkatnya mutu ketenagaan. Implikasi negatifnya adalah madrasah menjadi
sekolah eksklusif karena hanya yang memiliki kemampuan akademik dan finansial
yang dapat menikmati pendidikan pada madrasah ini. Kendala yang dihadapi
adalah: (1) Pada pengelolaan kelembagaan madrasah, yaitu: meratanya kemampuan
dasar peserta didik sehingga sulit menentukan yang diterima, adanya orang tua
calon peserta didik memaksa meluluskan anaknya pada PSB, kurangnya even-even
untuk mengukur kemampuan peserta didik, kesulitan mencari bendahara non
pendidik PNS, terbatasnya sumber pendanaan madrasah, banyaknya tenaga honorer
sehingga membebani pendanaan, masih rendahnya pemahaman masyarakat tentang
pentingnya berperan dalam pengembangan madrasah. (2) Pada pengelolaan kurikulum, pengembangan kurikulum belum maksimal, kurangnya buku referensi. (3) Pada
pengelolaan ketenagaan, terdapat pendidik berpendidikan belum sarjana S1, masih
tingginya kesejahteraan PNS dari pada tenaga honorer, besarnya keinginan menjadi
PNS dari pada menjadi PTT, pendidik tidak dapat mengoperasikan perangkat IT,
belum semua mahir membuat modul, masih ada pendidik belum tersertifikasi, dan
adanya ketenagaan indisipliner. Solusi yang ditempuh, meliputi: (1) Kelembagaan
madrasah, yaitu: memperbaiki proses rekrutmen peserta didik, memperbanyak
kegiatan pada madrasah, menambah fasilitas madrasah, meningkatkan sumber
pendanaan madrasah, memberikan pemahaman dan sosialisasi tentang eksistensi
madrasah. (2) Kurikulum madrasah, yaitu: mengadakan workshop inovasi kurikulum
dan memperbanyak referensi. (3) Ketenagaan, meningkatkan kesejahteraan dan
kemampuan profesional ketenagaan.
Implikasi penelitian adalah: (1) Hasil penelitian ini diharapkan berguna untuk
kepentingan ilmiah menyangkut pengembangan sistem pengelolaan pendidikan. (2)
Memberikan masukan kepada Mapenda Kementerian Agama maupun madrasah agar
dapat melakukan penataan kelembagaan sehingga lembaga pendidikan Islam pada
umumnya dan madrasah pada khususnya menjadi madrasah berkualitas dan memiliki
daya saing serta mampu menghasilkan anak-anak bangsa yang berakhlakul karimah
dan memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi. (3) Memberi masukan pada lembaga
madrasah agar mampu melakukan pembaruan-pembaruan dalam pengelolaan
kelembagaan sehingga madrasah berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. (4)
Memberikan masukan pada Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah
Muhammadiyah Kota Gorontalo agar mengembangkan madrasah ibtidaiyah
Muhammadiyah lainnya, dan merancang salah satu madrasah Tsanawiyah dan
Aliyah Muhammadiyah menjadi madrasah unggulan di Provinsi Gorontalo. (5)
Memberikan masukan pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Unggulan agar
konsisten dengan pembaruan yang telah dilaksanakannya sehingga keberhasilan yang
telah diraih dapat ditingkatkan dan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat
pada madrasah.
MASJRUL JANTO USMAN - Personal Name
2X7.3 MAS p
NONE
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...