Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: KONTRIBUSI KOMITE MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH HUBULO KABUPATEN BONE BOLANGO PROVINSI GORONTALO
Disertasi ini bertujuan mendeskripsikan dan membahas tentang pentingnya
kontribusi komite madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs
Hubulo Kabupaten Bone Bolango wilayah kerja Kantor Kementerian Agama di
Provinsi Gorontalo. Untuk mengetahui secara objektif arah penelitian disertasi
ini, penulis menfokuskan pembahasannya pada tiga subrumusan masalah: (1)
Bagaimana keberadaan komite madrasah di MTs Hubulo Kabupaten Bone
Bolango? (2) Bagaimana kontribusi komite madrasah dalam meningkatkan mutu
pelayanan pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango? (3) Kendalakendala apa saja yang dihadapi komite madrasah terhadap peningkatan mutu
pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango serta bagaimana upaya
pemecahannya?
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis
normatif, pedagogik, sosiologis, dan strategik fungsional serta teknik
pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik
pengolahan datanya terdiri dari induktif, deduktif, dan komparatif. Sedangkan
Analisis data yang digunakan meliputi; reduksi data, sajian data dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan dan dapat dinarasikan sebagai berikut.
Pertama, Keberadaan komite madrasah di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango
sangat membantu pihak madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan secara
multikompleks. Keberadaan komite madrasah di MTs Hubulo benar-benar
menjadi sosio kontrol serta memberikan pertimbangan, masukan dan
rekomendasi seperti dalam pembuatan Rencana Anggaran Pendidikan dan
Belanja Madrasah (RAPBM), kriteria pengrekrutan tenaga kependidikan dan
peserta didik baru, serta program-program lain yang bersifat ekstrakurikuler.
Kedua, Kontribusi Komite Madrasah di MTs Hubulo ditunjukkan melalui hal-hal
sebagai berikut; (a) pengadaan fasilitas penunjang pembelajaran seperti gedung
asrama, ruangan belajar, ruang keterampilan, masjid, aula, meja, kursi dan
fasilitas lain yang mendesak digunakan untuk kelancaran pembelajaran; (b)
pemberian honorarium tenaga pendidikan non-PNS; (c) Pembinaan disiplin,
pengembangan bakat dan minat serta kreativitas anak; (d) Hal-hal lain yang
dianggap membantu madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan baik untuk
kelancaran proses pembelajaran, aspek ketenagaan, kelembagaan, pembiayaan,
sarana dan prasarana maupun aspek pengawasan. Ketiga, Kendala-kendala yang
dihadapi komite madrasah terhadap peningkatan mutu pendidikan di MTs
Hubulo Kabupaten Bone Bolango dapat bersifat internal maupun eksternal.
Adapun faktor internal antara lain, belum terciptanya kerja sama yang
harmonis antara sesama pengurus dengan pihak madrasah, belum optimalnyaxiii
tingkat kesadaran sosial orangtua peserta didik dalam membantu pengembangan
madrasah, belum bersinerginya kinerja seluruh pengurus komite madrasah. Solusi
terhadap kendala internal tersebut adalah pengurus dengan pihak madrasah,
melakukan sosialisasi secara berkala terhadap orangtua peserta; melakukan dan
meningkatkan kerja sama yang harmonis antara sesama didik dan masyarakat
tentang peranan, fungsi, dan tugas pokok komite madrasah, memotivasi seluruh
pengurus komite untuk meningkatkan kinerjanya dengan cara memberikan ruang
gerak yang luas kepada komite madrasah dalam mengekspresikan berbagai ide
yang berhubungan dengan peningkatan kualitas madrasah. Adapun kendala
eksternal seperti, minimnya tatap muka antara komite dengan dengan pihak
madrasah terutama dengan kepala madrasah dalam pembahasan programprogram yang bersifat spontanitas atau hasil intruksi dari pejabat pendidik-an.
Solusi yang ditempuh terhadap kendala tersebut di antaranya; mengintensifkan
pertemuan dan hubungan komunikasi antar pihak komite dengan kepala
madrasah untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan
madrasah, melakukan sosialisasi secara berkala terhadap orangtua peserta didik
dan masyarakat tentang peranan, fungsi, dan tugas pokok komite madrasah.
Komite madrasah memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan
mutu pendidikan di MTs Hubulo Kabupaten Bone Bolango. Itulah sebabnya,
kinerja komite perlu dioptimalkan agar kontribusi terhadap penyelenggaraan
pendidikan di madrasah menunjukan taraf yang maksimal
SABARA KARIM NGOU - Personal Name
2X7.3 SAB k
NONE
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...