Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI’IYAH RANDANGAN PROVINSI GORONTALO
Permasalahan pokok disertasi ini adalah bagaimana strategi pembelajaran
dalam meningkatkan pemahaman kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah
Syafi’iyah Randangan Provinsi Gorontalo? Adapun tujuannya untuk mendeskripsikan metode pembelajaran kitab kuning, mengungkapkan faktor pendukung, dan
faktor penghambat serta menganalisis dan merumuskan solusi terhadap strategi
pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman kitab kuning di Pondok Pesantren
Salafiyah Syafi’iyah Randangan Provinsi Gorontalo.
Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Randangan
Provinsi Gorontalo. Jenis penelitian disertasi ini adalah kualitatif yaitu prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ungkapan dari subyek atau
perilaku yang diamati selanjutnya dianalisis untuk memperoleh hasil yang benar.
Pendekatan penelitian adalah naturalistik dan didukung dengan pendekatan teologis
normatif, yuridis normatif, psikologis, historis, pedagogis, dan pendekatan
manajemen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Kemudian penulis mengolah dan menganalis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang diaplikasikan dalam beberapa metode pada dasarnya dapat meningkatkan pemahaman
terhadap kitab kuning di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Randangan Provinsi
Gorontalo. Penggunaan metode wetonan dan sorogan menempati urutan teratas di
dalam pelaksanaannya, walupun kiai dan ustaz dalam kenyataannya tetap
menggunakan metode ceramah, diskusi, hafalan dan pemberian tugas. Strategi
pembelajaran umumnya menciptakan suasana pembelajaran yang menyenagkan,
sehingga santri mudah memahami makna, terjemah dan isi kandungan kitab kuning
yang diajarkan oleh kiai atau ustaz. Penerapan metode pembelajaran mengalami
perubahan dalam strategi pengorganisasian, penyampaian, dan pengelolaan. Faktor
lain yang mendukung keberhasilan santri di dalam memahami kitab kuning yaituxiv
adanya kepemimpinan karismatis kiai, adanya peraturan perundang-undangan di
bidang pendidikan, kemampuan ustaz/guru dalam mengimplementasikan strategi
pembelajaran modern, serta relasi etis antara kiai dengan santri. Di sisi lain, terdapat
juga faktor penghambat di dalam pelaksanaan strategi pembelajaran kitab kuning di
Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah yaitu padatnya kegiatan pembelajaran,
rumusan tujuan pembelajaran belum terukur. terbatasnya kitab pegangan santri, dan
kurangnya penguasaan santri terhadap ilmu nahu dan saraf. Untuk mengatasi faktor
penghambat ini diadakan solusi yaitu menggunakan waktu seoptimal mungkin,
memberikan peluang kepada ustaz/guru memacu kreativitas dalam proses
pembelajaran dan mengikuti pelatihan desain pembelajaran, melakukan usaha dalam
bentuk pengadaan CD yang berisi kitab kuning, perpustakaan digital dan pembelian
secara langsung melalui kerjasama dengan penerbit dan perguruan tinggi Islam
ternama di luar negeri, dan memperbanyak atau memfoto copy kitab sebagai
alternatif terakhir, menugaskan menghafal tabel-tabel pertama dari perubahan kata
kerja dan kata benda, ditambah pengayaan secara rutin dengan kiai atau ustaz/guru
dan belajar bersama dengan santri yang memiliki kemampuan di bidang bahasa
Arab.
Implikasi penilitian adalah mengembangkan materi secara prosedural
berdasarkan karakteristik peserta didik (santri) membantu kemudahan dalam belajar.
Dalam merencanakan pembelajaran kitab kuning diperhatikan tahapan: (1)
mengurutkan tujuan ke dalam pembelajaran; (2) merencanakan prapembelajaran,
pengetesan, dan kegiatan tindak lanjut; (3) menyusun alokasi waktu berdasarkan
strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran kitab kuning konvensional tetap
menjadi suatu strategi yang laris di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah
Randangan Provinsi Gorontalo, akan tetapi dengan adanya tuntutan perkembangan
teknologi dan kemampuan seorang kiai atau ustaz/guru dalam pesantren,
direkomendasikan agar dilakukan uji coba kolaborasi strategi pembelajaran
tradisional dengan strategi pembelajaran modern. Mengingat strategi pembelajaran
tidak akan mengurangi nilai dari pada kitab kuning itu sendiri.
KASIM YAHIJI - Personal Name
2X1 KAS s
2X1
Text
Indonesia
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...