Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENDIDIKAN PLURAL (Analisis Kritis Penanaman Nilai-Nilai Pluralitas Terhadap Peserta Didik)


Disertasi ini mencoba mencari solusi atas sejumlah permasalahan di tanah air
terkait munculnya sejumlah konflik yang mengatasnamakan agama. Agama terlalu
mudah dikambinghitamkan oleh segelintir orang untuk meraih cita-cita yang
menguntungkan dirinya dan kelompoknya. Agama harus dipahami secara total oleh
masyarakat termasuk para generasi muda khususnya bagi peserta didik pada lembaga
pendidikan manapun. Agama tidaklah dipahami secara parsial dan sepotongsepotong.
Penelitian ini bertujuan Pertama, membangun persepsi positif tentang makna
dan hakikat pluralisme sebagai sebuah situasi alamiah yang pasti terjadi sepanjang
kehadiran manusia. Kedua, mengkaji kurikulum agama Islam yang diajarkan selama
ini di sekolah-sekolah menengah yang diduga ada ketidaksinambungan makna
pluralisme pada tingkat siswa dan guru itu sendiri. Jangka panjang ke depan rumusan
disertasi ini dapat menjadi pegangan oleh para guru agama baik di madrasahmadrasah maupun di sekolah-sekolah umum. Dan ketiga, memasukkan ide-ide Islam
moderat dan inklusif ke dalam kurikulum pendidikan menengah yang dapat
diwujudkan dan diimplementasikan dalam kehidupan peserta didik kelak.
Sejak awal adalah keharusan menyampaikan paham yang toleran, moderat,
penuh damai dan cinta kasih. Peserta didik pada tingkat SMA/SMK misalnya adalah
salah satu obyek terbaik untuk memupuk kesadaran beragama sebelum mereka
menanjak ke usia yang lebih matang atau dewasa. Pada tingkat SMA/SMK
khususnya kelas XII, rumusan dan materi pelajaran agama lebih difokuskan pada
pokok-pokok pikiran yang berkaitan dengan anjuran bertoleransi.
Materi ini disajikan dengan mengutip sejumlah ayat-ayat Al Qur‘an dan hadis
Rasulullah saw tentang anjuran bersikap toleran atas nama kemanusiaan dan
persaudaraan. Selain itu, poin aqidahnya meliputi sejarah para nabi dan rasul dan
risalah-risalah yang dibawa oleh mereka tidak saling bertentangan antara satu dengan
yang lainnya. Sementara pada aspek akhlaknya menekankan pada pengertian
perilaku-perilaku terpuji dan amal shaleh serta perilaku-perilaku tercela dalam
pergaulan masyarakat. Untuk bidang fiqih, mata pelajaran agama ini menfokuskan
pada upaya memahami ibadah-ibadah sosial, bentuk-bentuk kerjasama muamalah
yang tidak ekslusif, dan tentu sifat saling tolong menolong tanpa diskriminasi.Selain itu, rumusan persaudaraan atau ukhuwah tak kalah pentingnya untuk
diberikan pemahaman kepada siswa dengan menekankan pada 3 aspek ukhuwah,
yaitu ukhuwah insaniyyah, ukhuwah islamiyyah, dan ukhuwah wathaniyyah. Adapun
materi sejarah pada mata pelajaran ini, mengkhususkan pada perkembangan Islam di
Indonesia, khususnya perjuangan para ulama pada masa-masa awal yang berjuang
merebut kemerdekaan tidak mengatasnamakan satu agama saja tetapi atas nama
nasionalisme Indonesia.
Pembelajaran Agama Islam pada kelas XII SMA/SMK diberikan dengan
menekankan pada penanaman karakter pendidikan yang berprinsip pada demokrasi,
kesetaraan dan keadilan dengan orientasinya kepada kemanusiaan, kebersamaan dan
kedamaian. Jika karakter dan orientasi ini menjadi dominan dalam diri siswa maka
sikap mengakui, menerima dan menghargai keragaman akan menjadi sifat dan sikap
siswa di dalam menjalani kehidupan keseharian di tengah-tengah kemajemukan latar
belakang hidup. Pada akhirnya, diperoleh kerukunan dalam hidup dan kehidupan
yang jauh dari sikap saling curiga mencurigai.
Disertasi ini ditulis dengan pendekatan sosiokultural-paedagogik dengan
metode penelitian library research (penelitian kepustakaan) yang berbentuk
deskriptif analisis melalui penelitian kualitatif.
Adapun implikasi penelitian ini adalah, pertama, diharapkan memberi
kontribusi bagi guru/pendidik dalam mengajarkan Islam yang inklusif kepada anak
didik khususnya penanaman nilai agama yang damai dan bersahabat. Kedua, sebagai
pedoman dalam mengajarkan Islam yang damai melalui pendidikan formal. Dan
ketiga, mewujudkan Islam sebagai ajaran damai-rahmatan lil alamin-sekaligus
mematahkan anggapan negatif bahwa Islam agama yang sarat dengan radikalisme
dan penuh kekerasan seperti yang dituduhkan oleh pihak-pihak tertentu beberapa
tahun terakhir ini
Basnang Said - Personal Name
2X7.3 BAS p
NONE
Text
Indonesia
ILMU PENDIDIKAN ISLAM
2011
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...