Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: ISYARAT AL-QUR’AN AL-KARI>


Masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana
isyarat-isyarat Al-Qur’an al-kari>m tentang teknik-teknik pembelajaram dilihat
dari sudut pandang pendidikan Islam. Selanjutnya, masalah pokok di atas dibreakdown menjadi dua sub masalah, yaitu: pertama, bagaimana urgensi teknik
pembelajaran menurut Al-Qur’an al-kari>m; dan kedua, bagaimana ragam teknik
pembelajaran yang diisyaratkan oleh Al-Qur’an al-kari>m.
Kajian seputar isyarat-isyarat Al-Qur’an al-kari>m tentang teknik-teknik
pembelajaran dengan menggunakan tinjauan pendidikan Islam ini didasarkan pada
kajian pustaka melalui pendekatan-pendekatan: tafsir, pedagogis, pilosofis, dan
sejarah. Pendekatan-pendekatan tersebut digunakan karena kajian ini menafsirkan,
menganalisis dan memahami ayat-ayat dari Al-Qur’an al-kari>m yang ada
korelasinya dengan pembelajaran, kemudian ditinjau dari segi pendidikan dan diulas
secara mendalam, terarah, sistematis dan radikal.
Berdasarkan hasil penelitian di dalam Al-Qur’an al-kari>m, ternyata
ditemukan bahwa Al-Qur’an al-kari>m menekankan pentingnya suatu teknik
pembelajaran untuk memahamkan materi pelajaran kepada anak didik. Di
samping itu, Al-Qur’an al-kari>m melalui ayat-ayatnya, ternyata memberikan
isyarat-isyarat secara langsung penggunaan beberapa teknik pembelajaran yang
sangat penting dipraktekkan dalam proses pembelajaran dalam pendidikan Islam.
Teknik-teknik pembelajaran tersebut, yaitu: al-tadarruj fi> ta‘di>l al-Sulu>k
(bertahap), tawzi>‘u al-ta‘allum (berkala dan perlahan-lahan), al-intiba>h (menarik
perhatian), al-tikra>r (pengulang-ulangan), al-qudwat al-h}asanah (panutan daniv
keteladanan yang baik), al-h}iwa>r al-qur’a>ni> wa al-nabawi> (dialog qur’a>ni> dan
nabawi>), d}arb al-ams\a>l (membuat permisalan) atau al-tawd}i>h} al-h}issi> li alma‘a>ni> (penjelasan secara ril terhadap makna suatu nilai atau metafora), altarghi>b wa al-tarhi>b (bujukan dan intimidasi, ancaman), al-qis}s}at (kisah atau
cerita), al-‘ibrat wa al-maw‘iz}at al-h}asanah (pelajaran dan nasehat yang baik), als\awa>b wa al-‘iqa>b (seputar ganjaran dan hukuman), demonstrasi (al-muma>rasat
al-‘amaliyah), al-rih}lah al-‘ilmiyyah (perjalanan ilmiah), al-ta‘allum mada> alh}aya>h (belajar sepanjang hayat), fastabiq al-khayra>t (kompetisi), i>ja>d al-bi’ah almuslimah (menciptakan lingkungan islami).
Kajian seputar Al-Qur’an al-kari>m akan senantiasa eksis dan menjadi
inspirasi bagi siapa saja yang membaca, mentadabbur, mengamalkan dan
mendakwahkannya. Oleh karena itu, diharapkan penelitian (kajian) ini dapat menjadi
salah satu media bagi pembahas/peneliti selanjutnya untuk menyingkap lagi kajiankajian seputar teknik pembelajaran, terutama dalam Al-Qur’an al-kari>m dan sumbersumber hukum Islam yang lainnya. Lalu yang paling utama dan terpenting bagi para
pendidik, seyogyanya menggunakan teknik-teknik yang diisyaratkan oleh Al-Qur’an
al-karim. Demikian pula bagi institusi-institusi pendidikan, baik pemerintah atau
nonpemerintah, agar menekankan penggunaan teknik-teknik pembelajaran dan
menggalakkan penelitian-penelitian seputar teknik-teknik pembelajaran yang
diisyaratkan oleh Al-Qur’an al-kari>m. Dengan demikian, dapat menggolkan upayaupaya dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
Andi Abdul Hamzah - Personal Name
2X1 AND i
2X1
Text
Indonesia
2010
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...