Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: INTEGRASI KEILMUAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN MENENGAH (Studi pada Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Palu)
Integrasi keilmuan adalah menyatukan kembali ilmu umum dan ilmu agama.
Di lembaga pendidikan diimplementasikan dalam bentuk integrasi mata pelajaran
agama dan mata pelajaran umum melalui proses pembelajaran. Fokus penelitian ini
adalah bagaimana upaya-upaya, pelaksanaan, kendala, solusi dan dampak integrasi
keilmuan di MAN 2 Model Palu. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan
dan menganalisis kelima aspek tersebut sehingga diperoleh gambaran nyata tentang
dinamika pelaksanaan integrasi keilmuan di MAN 2 Model Palu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis, psikologis, teologis, dan sosiologis.
Informan penelitian adalah guru dan peserta didik MAN 2 Model yang memahami
masalah yang diteliti. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data yakni, reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi, pengecekan anggota dan
teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya integrasi keilmuan di MAN 2
Model Palu melalui kurikulum, peningkatan kemampuan dan wawasan keilmuan bagi
guru baik ilmu umum maupun ilmu agama, pengembangan metodologi dan
penguasaan materi pelajaran secara terpadu melalui pelatihan dan diskusi, peningkatan penguasaan bahasa asing. Pelaksanaan Integrasi keilmuan dilaksanakan di
dalam kelas melalui penyajian materi secara terpadu antara mata pelajaran umum dan
mata pelajaran agama sesuai tema atau pokok bahasan yang diajarkan dan
pembiasaan tadarrus Al-Qur’an. Di luar kelas melalui kegiatan pengembangan diri,
kultum, tilawah dan menghafal Al-Qur’an dan latihan dakwah. Kendala yang
dihadapi dari faktor kompetensi guru, kemampuan peserta didik dan kurangnya
kepedulian orang tua, fasilitas dan dana, perhatian pemerintah. Solusinya adalah
membuat persyaratan khusus dalam penerimaan guru, mengidentifikasi kemampaun
baca tulis Al-Qur’an dan bahasa asing melalui penerimaan peserta didik baru,
pengembangan sarana dan prasarana. Dampak integrasi keilmuan, terbentuknya iklim
akademik yang baik mendorong guru dan peserta didik untuk berprestasi, kualitas
lulusan dan citra madrasah semakin baik.
Implikasi penelitian adalah pentingnya kajian mendalam untuk mengembangkan kurikulum yang integral, pentingnya menulis buku paket yang integral,
pentingnya dukungan fasilitas bagi perumusan dan pengembangan kurikulum, dan
metodologi pembelajaran yang integral.
ASKAR - Personal Name
2X7.3 ASK i
NONE
Text
Indonesia
2010
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...