Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: HAK PERLINDUNGAN ANAK DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA PADA PANTI ASUHAN DI KOTA MAKASSAR


Pembahasan dalam disertasi ini terfokus pada tiga sub masalah: (1) Apa yang menjadi prinsip-prinsip dasar perlindungan anak dalam perspektif pendidikan Islam?. (2) Bagaimana implementasi hak perlindungan anak dalam perspektif pendidikan Islam pada panti asuhan di kota Makassar?. (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi hambatan dalam usaha perlindungan anak dan bagaimana upaya mengatasinya serta dampak apa yang ditimbulkan dengan adanya panti asuhan di Kota Makassar?.
Penelitian ini dilaksanakan dengan prosedur pengumpulan data melalui metode, interviu (wawancara), angket (kuesioner), dokumentasi, observasi, dengan pendekatan yuridis, religius, sosiologis, psikologis, paedagogis. Bertujuan untuk (1) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi prinsip-prinsip dasar dalam perlindungan anak dan komponen masyarakat yang terlibat serta bertanggung jawab pada penanggulangan permasalahan perlindungan anak. (2) Untuk mengcover implementasi program perlindungan anak di Kota Makassar dan dampak yang ditimbulkan dengan keberadaan panti asuhan. Sehingga dapat menjadi bagian rujukan bagi pemerintah dan komponen masyarakat dalam perbaikan kinerja perlindungan anak yang akan berdampak positif bagi pembangunan bangsa pada umumnya.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Islam sangat menjunjung tinggi hak-hak anak sehingga menjadi kewajiban bagi pemerintah dan seluruh komponen masyarakat untuk memenuhi hak anak tersebut. (2) Pemerintah, pengurus/ pembina, masyarakat memiliki kepedulian yang cukup tinggi dalam memberikan perlindungan kepada anak asuh khususnya pada bidang pendidikan dan kesejahteraan sosial. (3) Meskipun berbagai hambatan yang dihadapi dalam memenuhi hak anak dalam bidang pendidikan dan ksejahteraan sosial namun atas kerjasama dengan semua pihak maka hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik. Eksistensi panti asuhan berdampak pada pembinaan anak yang semakin baik, terarah dan terencana sehingga keberadaan mereka di Panti Asuhan bukan sekedar menyambung hidup melainkan membekali mereka dengan ilmu pengetahuan, demikian pula anak asuh dibina dengan latihan keterampilan jahit menjahit, kursus computer, tata boga serta diajarkan kepada mereka pendidikan akhla>q al-kari
MUHAEMIN BADARUDDIN - Personal Name
2X7.3 MUH h
NONE
Text
Indonesia
2008
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...