Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PENGARUH KINERJA PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN MADRASAH ALIYAH DI KABUPATEN SINJAI
Disertasi ini menggambarkan dan membahas tentang pentingnya pelaksanaan
supervisi pendidikan dan pengaruhnya dalam pembinaan guru pendais pada jajaran
Departemen Agama dan Dinas Pendidikan. Dalam rangka mendeskripsikan
pemikiran tersebut penulis menfokuskan pembahasan pada empat rumusan
masalah: (1) Bagaimana tingkat kinerja guru dan pengawas, (2) Faktor apa yang
mendukung peningkatan kinerja guru dan pengawas pendais, (3) Hambatan apakah
yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru dan pengawas, (4). Apakah ada
pengaruh kinerja pengawas terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam.
Penulis melakukan penelitian melalui teknik observasi, wawancara
(interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian diolah dan dianalisis secara kualitatif
dan kuantitatif. Maksud dan tujuan penelitian yang didapatkan pada obyek yang
diteliti dikelola secara deduktif, induktif, dan komparatif. Metode pendekatan yang
mencakup pendekatan religius, historis, sosiologis, psychologis, dan filosofis.
Mengacu kepada pokok pembahasan dan penetapan metode penelitian maka
tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pelaksanaan kepengawasan dalam
meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam lingkungan
Departemen Agama dan Dinas Pendidikan. Adapun manfaat dan Kegunaan studi ini
adalah sebagai bahan kajian bagi kinerja guru dan pengawas dalam merumuskan
pembinaan kepengawasan dan sumbangan pemikiran bagi praktisi dan pengelola
pendidikan,
Hasil penelitian melaporkan bahwa pelaksanaan supervisi pendidikan
berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan (kompetensi) guru. Adapun indikasi
seorang guru yang berkompetensi; (1) peningkatan kedisiplinan; (2) penguasaan
materi pengajaran; (3) penguasaan satuan pengajaran; (4) kesiapan mengajar dan
penguasaan media pembelajaran; (5) Semakin seringnya ikut Musyawarah Guru
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (MGMP-PAI).
Kinerja guru dan pengawas pendais didukung oleh faktor teknis dan non
teknis seperti: (1) adanya motivasi ibadah; (2) kesadaran, (3) kesabaran, (4)
keikhlasan dalam melaksanakan tugas dan (5) dedikasi dan tanggung jawab yang
tinggi baik dihadapan atasan maupun dihadapan Allah swt.
Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan kinerja guru dan pengawas
adalah : (1) kesejahteraan yang tidak mendukung; (2) adanya guru yang merasa
lebih berpengalaman (lebih senior) dari pengawas, serta terkadang ada guru yangxi
merasa tidak siap untuk di supervisi; (3) pelaksanaan supervisi oleh pengawas belum
merata; (4) kurangnya komunikasi antara pengawas dengan pihak pengelola
Sekolah/Madrasah; (5) terbatasnya tenaga pengawas.
Kinerja pengawas Pendais yang berkinerja tinggi berpengaruh cukup
signifikan terhadap kinerja guru pendidikan agama Islam, sehingga pencapaian
tujuan Pendais pada SMA/Madrasah Aliyah di Kabupaten Sinjai dapat terlaksana
secara optimal
M. ARSYAD PARENRENGI - Personal Name
2X7.3 ARS p
NONE
Text
Indonesia
2007
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...