Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Aktualisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Akhlak Mulia Peserta Didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar
Disertasi ini mengkaji aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pem- bentukan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas pengaktua- lisasian nilai-nilai pendidikan Islam di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar, menggambarkan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar, dan memetakan upaya yang dilakukan guru bidang studi agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar. Selanjutnya mengiden-tifikasi faktor pendukung dan penghambat pengaktualisasian nilai-nilai pendidi- kan Islam dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar serta solusinya.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan metodologi dan pendekatan keilmuan. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari direktur, direktur 1, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru bidang studi agama Islam, pembina asrama, dan peserta didik. Sumber data sekunder yang terdiri atas doku- mentasi penting menyangkut profil sekolah, data tenaga pendidik dan kependidi- kan dan data peserta didik serta unsur penunjang pendidikan lainnya. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar, apabila dilihat dari aspek pelaksanaannya pada umumnya sudah terlaksana dengan baik, seperti nilai pendidikan keimanan, ibadah, akhlak, dan nilai pendidikan sosial,walaupun hasilnya belum optimal. Oleh karena itu, masih perlu upaya maksimal untuk meningkatkannya. Adapun gambaran akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar, apabila ditinjau dari aspek kebersamaannya dalam melaksanakan kegiatan ibadah di pondok pesantren, kepatuhan dalam mengikuti peraturan tata tertib di pondok pesantren, dan kepedulian sosial terhadap sesama peserta didik, guru, orang tua, dan masyarakat sekitarnya, sebagian besar sudah mampu diaktualisasikan dengan baik di dalam lingkungan pondok pesantren, akan tetapi belum maksimal, karena sebagian peserta didik masih ada yang kurang serius dan tidak rutin mengaktua- lisasikan kegiatan ibadah tersebut. Hal ini terbukti pada saat kegiatan pelaksanaan salat berjamaah di mesjid, masih didapati beberapa peserta didik yang salat dikamar. Selain itu pada waktu pelaksanaan salat duha masih banyak peserta didik yang tidak ikut melaksanakan salat duha tersebut.
Upaya yang dilakukan guru bidang studi agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar adalah membuat program harian, program pekanan, program bulanan dan program tahunan. Program tersebut bertujuan untuk membentuk akhlak mulia peserta didik. Faktor pendukung aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar, yaitu kerjasama antara guru dan seluruh pembina pondok pesantren, kualifikasi pendidik, lingkungan tempat tinggal, kompetensi guru, sarana dan prasarana, Kiyai, dan dukungan masyarakat pemerintah setempat. Sementara faktor penghambat aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar, yaitu masih ada beberapa peserta didik memiliki karakter yang kurang disiplin dalam mengikuti peraturan tata tertib di pondok pesantren, kuantitas pembina asrama yang masih terbatas, dan pengaruh globalisasi dan teknologi. Adapun solusi faktor penghambat aktualisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar adalah membuat kegiatan ekstrakurikuler yang bernuansa islami, kerja sama antara guru dengan orang tua peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah berbagai bentuk program kegiatan pembinaan akhlak mulia peserta didik yang telah dikembangkan oleh guru di Pondok Pesantren Putri Ummul Mukminin Kota Makassar hendaklah ditingkat- kan dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembentukan akhlak mulia bagi peserta didik. Evaluasi perlu dilakukan guna mendapatkan masukan tentang berbagai bentuk kegiatan pembinaan akhlak mulia peserta didik yang bisa dikembangkan. Upaya yang telah dilakukan oleh guru bidang studi agama Islam dalam membentuk akhlak mulia peserta didik juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang tersedia guna pembinaan yang berkelanjutan. Orang tua dan masyarakat juga perlu berperan aktif dalam upaya membina akhlak mulia peserta didik dengan tidak bersikap acuh terhadap hal-hal yang dilakukan oleh peserta didik terutama yang bertentangan dengan norma hukum apalagi norma agama.
Munirah - Personal Name
2X7.3 MUN a
NONE
Text
Indonesia
PEMIKIRAN ISLAM
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...