Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAT MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMA DI KOTA PAREPARE
Permasalahan pokok yang dikaji dalam disertasi ini adalah bagaimana pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru Pendidikan Agama Islam terhadap tingkat motivasi dan prestasi belajar peserta didik di Kota Parepare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru Pendidikan Agama Islam secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap tingkat motivasi dan prestasi belajar peserta didik Sekolah Menengah Atas di Kota Parepare.
Penelitian ini tergolong jenis penelitian field research dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Populasi penelitian ini berjumlah 3654 peserta didik dengan pengambilan sampel berjumlah 120 peserta didik SMA di Kota Parepare melalui teknik pengambilan sampel secara proportionate stratified random sampling sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, tingkat kecerdasan emosional guru PAI SMA di Kota Parepare diperoleh angka presentase sebesar 76,17% yang berarti kategori baik. Dan tingkat kecerdasan spiritual guru PAI SMA di Kota Parepare diperoleh angka presentase sebesar 76,27% yang berarti tergolong baik Kedua, tingkat motivasi belajar peserta didik SMA di Kota Parepare diperoleh angka presentase sebesar 77,44% yang berarti kategori baik. Dan tingkat prestasi belajar peserta didik diperoleh nilai rata-rata Pendidikan Agama Islam sebesar 84,483 yang berarti tergolong kategori tinggi. Ketiga, kecerdasan emosional guru PAI berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik SMA di Kota Parepare dengan nilai korelasi sebesar rx1y1 0,447 tergolong kategori sedang dan besarnya pengaruh kontribusi 19,9%. Dan kecerdasan emosional guru PAI berpengaruh positif terhadap Tingkat Prestasi Belajar Peserta didik dengan nilai korelasi rx1y2 = 0,255 tergolong kategori lemah dengan pengaruh kontribusi sebesar 6,503%. Selanjutnya kecerdasan spiritual guru PAI berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai korelasi sebesar rx2y1 = 0,597 tergolong sedang dan besarnya pengaruh kontribusi 35,64%. Dan kecerdasan spiritual guru PAI berpengaruh positif terhadap Tingkat Prestasi Belajar Peserta didik dengan nilai korelasi rx2y2 = 0,232 yang tergolong kategori lemah dan besarnya pengaruh kontribusi 5,38%. Keempat, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru PAI secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik SMA di Kota Parepare dengan nilai R(x1x2)y1 = 0,597, dan besarnya kontribusi 35,64% sisanya 64,36% dipengaruhi faktor lain yang tidak ada dalam regresi linier berganda, artinya kemampuan guru PAI mengenal, menyadari, mengelola emosi diri, berpikir holistik, bersikap fleksibel, tekun, sabar, ikhlas, setiap prilaku dimaknai sebagai ibadah dan berprinsip hanya karena Allah SWT telah memberikan kontribusi sedang terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik.
Adapun kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru PAI secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat prestasi belajar peserta didik SMA di Kota Parepare dengan nilai R(x1x2)y2 = 0,263 dan besarnya kontribusi 6,92%, sisanya 93,08% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam regresi linier berganda, artinya kemampuan guru PAI mengenal, menyadari, mengelola emosi diri, berpikir holistik, bersikap fleksibel, tekun, sabar, ikhlas, setiap prilaku dimaknai sebagai ibadah dan berprinsip hanya karena Allah telah memberikan kontribusi lemah terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik.
Penelitian ini berimplikasi pada: 1) Kecerdasan emosional guru PAI SMA di Kota Parepare berkategori baik, maka dapat dipertahankan oleh guru. 2) Kecerdasan spiritual guru PAI SMA di Kota Parepare berkategori baik, maka dapat dipertahankan oleh guru. 3) Motivasi belajar peserta didik SMA di Kota Parepare berkategori baik, maka dapat dipertahankan oleh peserta didik. 4) Prestasi belajar SMA di Kota Parepare berkategori baik, maka dapat dipertahankan oleh peserta didik. 5) Kecerdasan emosional guru PAI SMA di Kota Parepare berkorelasi positif terhadap motivasi belajar peserta didik, sehingga motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan emosional guru PAI. 6) Kecerdasan emosional guru PAI SMA di Kota Parepare berkorelasi positif terhadap Tingkat Prestasi Belajar Peserta didik, sehingga prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan emosional guru PAI. 7) Kecerdasan spiritual guru PAI SMA di Kota Parepare berkorelasi positif terhadap motivasi belajar peserta didik, sehingga motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan spiritual guru PAI. 8) Kecerdasan spiritual guru PAI SMA di Kota Parepare berkorelasi positif terhadap Tingkat Prestasi Belajar Peserta didik, sehingga prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan spiritual guru PAI. 9) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru PAI berpengaruh positif terhadap tingkat motivasi belajar peserta didik, sehingga motivasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kecerdasan spiritual guru PAI SMA di Kota Parepare. 10) Kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual guru PAI berpengaruh positif terhadap tingkat prestasi belajar peserta didik, sehingga prestasi belajar dapat ditingkatkan melalui peningkatan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan kecerdasan spiritual guru PAI SMA di Kota Parepare.
Muh. Dahlan - Personal Name
2X7.3 MUH p
NONE
Text
Indonesia
PEMIKIRAN ISLAM
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...