Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Kompetensi Guru Akidah Akhlak dalam Menanamkan Nilai-nilai Akhlak Mulia Peserta Didik pada MTsN di Kabupaten Sinjai


Disertasi ini mengkaji kompetensi guru akidah akhlak dalam menanamkan
nilai-nilai akhlak mulia peserta didik pada MTsN di Kabupaten Sinjai. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui dan menggambarkan realitas komptensi guru
akidah akhlak pada MTsN di Kabupaten Sinjai, menggambarkan nilai-nilai
akhlak mulia peserta didik pada MTsN di Kabupaten Sinjai, mengidentifikasi
dan menemukan faktor pendukung dan penghambat penerapan kompetensi guru
akidah akhlak pada MTsN di Kabupaten Sinjai, menggambarkan akhlak mulia
peserta didik pada MTsN di Kabupaten Sinjai.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan metodologi dan
pendekatan keilmuan. Pendekatan metodologi meliputi pendekatan interaksi
simbolik dan pendekatan fenomenologi. Sedangkan pendekatan keilmuan meliputi
pendekatan teologis, pedagogis, psikologis, dan, pendekatan manajerial. Sumber
data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari kepala
madrasah, wakil kepala madrasah, guru akidah akhlak, peserta didik, dan
sumber data sekunder yang terdiri dari dokumentasi penting menyangkut profil
sekolah, data tenaga kependidikan dan data peserta didik serta unsur penunjang
pendidikan lainnya. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi,
pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Kemudian metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa realitas kompetensi guru Akidah
Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Sinjai, apabila dilihat dari
aspek kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya belum mampu
diterapkan secara maksimal. Hal tersebut terlihat dari kemampuannya dalam
menyusun silabus dan RPP yang masih sering meng-copy paste dari teman-teman
sejawatnya. Selain itu, dalam menggunakan media pembelajaran, khususnya yang
terkait dengan teknologi informasi, pada umumnya mereka belum mampu
mengaplikasikannya dengan baik. Adapun jika dilihat dari aspek kompetensi
kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi kepemimpinannya, pada umumnya
mereka sudah mampu menerapkannya dengan baik. Adapun gambaran nilai-nilai
akhlak mulia peserta didik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Sinjai
apabila ditinjau dari aspek kesopanan dalam bergaul, kesopanan dalam berpakaian,
kejujuran dalam mengerjakan soal ulangan di kelas, dan kepatuhan dalam melaksanakan perintah guru di lingkungan madrasah tetap masih ada ditemukan sebagian
oknum-oknum peserta didik yang berperilaku tidak sesuai dengan yang diharapkan,
namun apabila dilihat secara umum sebagian besar sudah mampu diterapkanxvii
dengan baik. Adapun jika dilihat dari aspek sikap kepedulian sosialnya terhadap
peserta didik, masih perlu dilakukan pembinaan secara intens karena masih banyak
ditemukan peserta didik yang memiliki tingkat kepedulian sosial yang rendah. Hal
tersebut terlihat ketika ada temannya yang sakit, masih sering ditemukan peserta
didik yang bersifat acuh terhadap temannya. Faktor pendukung penerapan
kompetensi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia peserta
didik pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kabupaten Sinjai, dipengaruhi oleh
kualifikasi akademik guru, kompetensi guru, dan kepemimpinan kepala sekolah.
Adapun faktor penghambatnya meliputi ketersediaan fasilitas sekolah yang kurang
memadai, kurangnya peran orang tua dalam lingkungan keluarga dan pengaruh
perkembangan IPTEK. Adapun solusi faktor penghambatnya adalah kerja sama yang
baik dengan seluruh pihak madrasah dalam membenahi fasilitas sekolah yang
terbatas dan kurang memadai. Selain itu, harus ada kerja sama yang baik antara
orang tua di lingkungan keluarga dengan guru di lingkungan madrasah, khususnya
dalam hal membina akhlak mulia peserta didik.
Implikasi dari penelitian ini adalah berbagai bentuk program kegiatan
penanaman nilai-nilai akhlak mulia peserta didik yang telah dikembangkan oleh
guru akidah akhlak pada MTsN di Kabupaten Sinjai hendaklah ditingkatkan
dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembinaan akhlak mulia
bagi peserta didik. Evaluasi perlu dilakukan guna mendapatkan masukan tentang
berbagai bentuk kegiatan pembinaan akhlak mulia peserta didik yang bisa
dikembangkan, termasuk program konkrit yang berkaitan dengan metode, materi
dan evaluasi. Kemampuan profesional (professional capacity) yang telah dilakukan
oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlak mulia peserta didik
juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya
pendidikan yang tersedia guna pembinaan yang berkelanjutan. Dukungan orang tua
dalam setiap kegiatan penanaman nilai-nilai akhlak mulia peserta didik hendaklah
sejalan dengan program pembinaan yang dilakukan oleh guru di madrasah, terutama
keteladanan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga.
Marwati - Personal Name
2X7.3 MAR k
NONE
Text
Indonesia
PEMIKIRAN ISLAM
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...