Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI 1 TANETE RILAU KABUPATEN BARRU
Masalah pokok dalam disertasi ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik pada SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, yang di-breakdown dalam tiga pertanyaan penelitian sebagai berikut, 1) bagaimana gambaran pelaksanaan pendidikan Islam pada SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru; 2) bagaimana bentuk upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam pada pembinaan karakter peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, 3) bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pendidikan Islam pada SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, 2) untuk menggambarkan bentuk upaya guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru, dan 3) untuk merumuskan hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, manajerial, dan yuridis normatif. Sumber data penelitian ini terdiri atas kepala sekolah, guru-guru, pegawai dan siswa pada SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data kualitatif menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, displai data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan pendidikan Islam yang direpresentasikan oleh pembelajaran PAI pada SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru meliputi 3 tahapan yaitu: tahapan pendahuluan, penyajian inti materi pembelajaran, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan pembelajaran meliputi pengucapan salam, penyampaian appersepsi, penyampaian TKP, penarikan perhatian. Adapun penyajian inti materi pembelajaran meliputi: penyampaian kata kunci, pemrosesan informasi, pemfokusan perhatian, bimbingan belajar, pemberian latihan-latihan dan diskusi. Sedangkan penyampaian kegiatan penutup pembelajaran meliputi pemberian rangkuman dan kesimpulan pembelajaran. Kedua, bentuk upaya guru dalam menginternalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru yaitu melalui pengawasan terpadu oleh semua komponen sekolah terhadap perilaku peserta didik, pemberian motivasi, nasehat dan kisah-kisah orang sukses, menerapkan strategi pembelajaran dengan Model PAIKEM, dan meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler. Ketiga, hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam pembinaan karakter pada peserta didik di SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru yakni mengembangkan karakter diri peserta didik sehingga mereka memiliki nilai kejiwaan, akhlak dan budi pekerti dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sebagai pribadi yang religious. Internalisasi nilai-nilai Pendidikan karakter tersebut ditempuh dengan cara: 1) konsep nilai-nilai kebaikan diajarkan kepada peserta didik. 2) guru menjadi teladan nilai-nilai karakter di dalam maupun di luar kelas. 3) menjadikan pendidikan karakter sebagai prioritas lembaga pendidikan, dan 4) melakukan refleksi dan evaluasi terhadap proses pendidikan karakter yang telah dijalankan.
Implikasi penelitian ini adalah pertama, diharapkan guru pada SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru selalu mengimplementasikan pendidikan karakter di semua unsur sehingga dapat terlaksana dengan baik, kedua, SMP Negeri 1 Tanete Rilau Kabupaten Barru di harapkan memberi kontribusi bagi pendidik dalam mengajarkan materi pendidikan Islam yang senantiasa memberikan penekanan pada pentingnya nilai-nilai karakter kepada siswa/peserta didik khususnya pemahaman nilai agama yang kondisional, damai dan bersahabat, sehingga dapat mewujudkan Islam sebagai ajaran damai-rahmatan lil alamin.
IRHAM JALIL - Personal Name
2X7.3 IRH i
NONE
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...