Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS TENTANG ISLAM (Penelitian Eksperimen Pada mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo)


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan membaca teks-teks Islam dalam bahasa Inggris. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Sultan Amai Gorontalo tahun Akademik 2013/2014. Populasinya mahasiswa semester II Jurusan Ekonomi Syariah. Sampel berjumlah 62 orang yang dipilih dengan teknik multistage Random sampel. Yang terdiri dari 32 mahasiswa kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran inkuiri dan 30 mahasiswa sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain faktorial. Data dianalisa menggunakan faktorial ANAVA 2x 2 pada level signifikan α =0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan membaca teks-teks Islam dalam bahasa Inggris kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode inkuri lebih tinggi daripada yang diajar dengan metode ekspositori; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap kemampuan memahami teks-teks Islam dalam bahasa Inggris; (3)Pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-independent, kemampuan memahami teks-teks Islam dalam bahasa Inggris kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode inkuiri lebih tinggi daripada kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode ekpositori;(4) Pada kelompok mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field-dependent, kemampuan memahami teks-teks Islam dalam bahasa Inggris kelompok mahasiswa yang diajar dengan metode inkuiri lebih rendah daripada kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode ekpositori.

ASNA USMAN DILO - Personal Name
2X4 ASN p
2X4
Text
Indonesia
PEMIKIRAN ISLAM
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...