Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: KONSTRUKSI METODOLOGI PENAFSIRAN KARYA-KARYA WAHBAH MUSTAFA AL-ZUHALISE


Penelitian ini fokus pada aspek konstruksi metodologi penafsiran terhadap karya-karya Wahbah Must}afa> al-Zuhai>li>, Tujuannya untuk menemukan bentuk konstruksi metodologinya serta perbandingan penafsiran dalam kitab-kitab tersebut, Masalah pokok yang dibahas adalah konstruksi metodologi penafsiran dan perbandinganya, dan rumusan masalahnya pertama: Bagaimana latar belakang penulisan kitab al-Tafsi>r al-Muni>r, al-Tafsi>r al-Waji>z, dan al-Tafsi>>r al-Wasi>>t}. Kedua, Bagaimana konstruksi metodologi interpretasi kitab al-Tafsi>r al-Muni>r, al-Tafsi>r al-Waji>z, dan al-Tafsi>>r al-Wasi>>t}. Ketiga. Bagaimana perbandingan metolodogi dan interpretasi antara al-Tafsi>r al-Muni>r, al-Tafsi>r al-Waji>z dan al-Tafsi>>r al-Wasi>>t}.
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), metode yang digunakan adalah metode Muqa>ran/perbandingan terhadap al-Tafsi>r al-Muni>r, al-Tafsi>r al-Waji>z, dan al-Tafsi>>r al-Wasi>>t melalui konstruksi metodologi dan penafsiran-penafsiran ketiga karya Wahbah tersebut. Pendekatannya ilmu tafsir, dengan tipologi pendekatan langsung (Qur’anic approach) dan tidak langsung (exegetical approach). Sumber data, primer dan sekunder, data primer yaitu kitab karya-karya Wahbah seperti al-Tafsi>r al-Muni>r fi> al-Aqi>dah wa al-Syari’a>h wa al-Manhaj, al-Tafsi>r al-Waji>z ala> Ha>msy al-Qur’a>n al-Azi>m wa Maahu Asba>b al-Nuzul wa Qawa>id al-Tarti>l, dan al-Tafsi>>r al-Wasi>>t. yang ditulis oleh Wahbah Must}afa> al-Zuhai>li>. sementara data sekunder, yaitu kitab-kitab yang berkaitan dengan tafsir, ilmu tafsir dan metodologi tafsi>r dan lain-lain.
Hasil penelitian, pertama ketiga karya tafsir Wahbah untuk memenuhi kebutuhan pembacanya sesuai objek kemampuan intelektaul masyarakatnya, misalnya kitab al-Tafsi>r al-Muni>r, dikhususkan kepada yang ingin menjadi ahli di bidang tafsir, sementara al-Tafsi>r al-Waji>z segmennya masyarakat umum sehingga sangat singkat dan al-Tafsi>r al-Wasi>t dikhususkan bagi yang memiliki cakrawala pemikiran menengah. ketiga tafsir tersebut menepis slogam bahwa tafsir klasik tidak dapat memberikan solusi masalah masalah kontemporer padahal dengan sinergi antar penafsiran klasik berdasarkan penafsiran al-Ma’sur dalam sunnah Nabi dan perkataan-perkataan al-Salaf al-Sa>leh dan penafsiran kontemporer melalui pendapat ulama yang mu’tabar rasional/al-Ma’qul.
Kedua, konstruksi metodologi penafsiran Wahbah, bentuknya adalah tafsir al-Ma’su>r dan al-Ma’qu>l, kecenderungannya pada aliran ahl al-Sunnah. Kemudian metode al-Tafsi>r al-Muni>r adalah tahlili/analisis dan al-Tafsi>r al-Waji>z dan al-Tafsi>r al-Wasi>t keduanya menggunakan metode Ijmali/global dan corak al-Tafsi>r al-Muni>r lebih kepada fikih dan al-Tafsi>r al-Wasi>t bercorak dakwah atau nasehat, sementara sumber-sumber ketiga tafsirnya ayat al-Qur’an dengan al-Qur’an, tafsir sahabat, tafsir Tabiin, dan sedikit pendapat ulama kontemporer.
Implikasi penelitian bahwa karya penafsiran-penafsiran Wahbah tidak cukup memahami satu karyanya saja, tapi harus mensinergikan semua karyanya khususnya dalam kajian pemahaman tafsir dan metodologinya untuk mendapatkan informasi yang utuh ketiga tafsirnya
Diharapkan kepada ulama untuk menjadikan karya-karya tafsir Wahbah sebagai bahan rujukan utama dalam menyampaikan isi kandungan al-Qur’an untuk membentuk karakter masyarakat yang ada di era sekarang ini, itu yang pertama. Yang kedua kepada seluruh intitusi pendidikan negeri dan swasta agar menjadikan ketiga tafsir Wahbah sebagai referensi utama dalam membuat kurikulum keagamaan untuk menghindari kekeliruan pemahaman keagamaan yang dapat berakibat pada fanatisme mazhab, radikalisme dan al-Guluw/pemahaman keagamaan yang berlebihan, agar tercapai tujuan diturunkannya al-Qur’an sebagai petunjuk bagi ummat manusia kejalan yang benar dan lurus lagi seimbang yaitu bertauhid dan iman kepada RasulNya dan mengajak untuk berakhlak mulia.

TAUFIK WARMAN MAHFUZH - Personal Name
2X1 TAU k
2X1
Text
Indonesia
2016
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...