Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: KORELASI MANAJEMEN KELAS, PENGUASAAN BAHAN AJAR, DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 5 UNGGULAN PAREPARE


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan data dan informasi mengenai Korelasi manajemen kelas, penguasaan bahan ajar, dan penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Unggulaan Parepare.
Jenis penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eks post facto. Apabila ditinjau dari segi tingkat eksplanasinya, maka penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan teknik sampel secara stratified random sampling sebanyak 60 peserta didik. Adapun metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan angket, sedangkan teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik analisis deskriptif, korelasi product moment dan teknik analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan: pertama, tingkat manajemen kelas di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare tergolong cukup tinggi dengan nilai rata-rata 57,50. Kedua, tingkat penguasaan bahan ajar di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare adalah tinggi dengan nilai rata-rata 58,8. Ketiga, tingkat penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare tergolong rendah dengan nilai rata-rata 53,30. Keempat, tingkat prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare tergolong sangat tinggi dengan nilai rata-rata 86,87. Kelima, terdapat korelasi positif dan signifikan namun tergolong rendah pelaksanaan manajemen kelas dengan penguasaan bahan ajar sebesar rx1y 0,391 dengan nilai kontribusi sebanyak 15,288% di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare. Keenam, terdapat korelasi positif dan tinggi pelaksanaan manajemen kelas dengan penggunaan media pembelajaran di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare sebesar rx1y 0,662. Angka ini secara kualitatif tergolong kategori tinggi dengan nilai kontribusi sebanyak 43,824% dan signifikan. Ketujuh, terdapat korelasi positif yang tinggi dan signifikan penguasaan bahan ajar dengan media pembelajaran sebesar rx1y 0,285 yang tergolong kategori rendah dengan nilai kontribusi sebanyak 8,123% dan signifikan. Kedelapan terdapat korelasi positif dan signifikan pelaksanaan manajemen kelas terhadap prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare dengan kategori tinggi. Kesembilan, terdapat korelasi penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar peserta didik yang tergolong tinggi dan signifikan. Kesepuluh, terdapat korelasi yang sangat rendah dan tidak signifikan penguasaan bahan ajar dengan prestasi belajar peserta didik. Kesebelas, terdapat korelasi yang sangat tinggi dan signifikan manajemen kelas, penguasaan bahan ajar, dan penggunaan media pembelajaran dengan tingkat prestasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Unggulan Parepare dengan nilai R(x1x2x3)y = 0,804 yang berkontribusi sebanyak 64,645%.
Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan terhadap pemerintah, pengawas pendidikan, kepala sekolah, guru, peserta didik, tenaga kependidikan dan orang tua peserta didik. Implikasi penelitian ini menjadi khasanah intelektual dalam bidang pengelolaan pendidikan tingkat pendidikan dasar dan menengah sekaligus merupakan bagian dari sikap akademik untuk turut serta dalam memberi sumbangan pemikiran terhadap bangsa dan masyarakat pada umumnya.

H. SYARIFUDDIN - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...