Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA MASYARAKAT TRANSMIGRAN AIMAS KABUPATEN SORONG (Perspektif Pemberdayaan Masyarakat Islam)


Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menemukan dan mendeskripsikan
faktor pendorong terjadinya pengembangan pendidikan Islam, 2) mendeskripsikan
dan menganalisis bentuk usaha pengembangan pendidikan Islam melalui pemberdayaan masyarakat transmigran Aimas Kabupaten Sorong, 3) menemukan dan
mendeskripsikan hasil pengembangan pendidikan Islam perspektif pemberdayaan
masyarakat Islam di Aimas Kabupaten Sorong.
Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan keilmuan berupa
sosiologis dan historis. Adapun sumber data penelitian ini adalah tokoh masyarakat,
para pembina, pembimbing, tenaga pendidik, peserta didik, dan masyarakat.
Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Tahap selanjutnya adalah teknik
pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga faktor penting yang
menjadi pendorong pengembangan pendidikan Islam pada masyarakat transmigran
Aimas Kabupaten Sorong, yaitu: 1) sosial keagamaan, 2) ekonomi, dan 3) politik.
Bentuk pengembangan pendidikan Islam ada tiga, yaitu melalui pendidikan formal,
nonformal, dan informal berupa , kursus, dan advokasi. Hasil pengembangan
pendidikan Islam perspektif pemberdayaan masyarakat Islam adalah: 1) pemahaman
agama membaik, 2) jumlah lembaga pendidikan Islam meningkat seperti masjid,
musala, PAUD, dan madrasah, 3) tingkat perekonomian masyarakat membaik.
Implikasi penelitian ini adalah: 1) Dukungan masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk pengembangan pendidikan Islam. Sebagaimana yang tampak pada
lembaga pendidikan Islam di wilayah Aimas memiliki jumlah siswa lebih sedikit
dibanding dengan lembaga pendidikan umum. Hal tersebut terutama pada tingkat
MTs dan MA yang memiliki siswa tergolong minim dibanding SMP dan SMA. 2)
Penelitian secara mendalam masih perlu dilakukan terutama pada dampak atau
pengaruh pendidikan Islam terhadap perkembangan perekonomian masyarakat
transmigran Aimas. Hal tersebut penting dilakukan dengan melihat fakta bahwa
perkembangan pendidikan Islam di wilayah transmigran Aimas seiring sejalan
dengan perkembangan perekonomian masyarakat transmigran Aimas.
MUHAMMAD RUSDI RASYID - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...