Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: Konsepsi Pendidikan Qalb dalam Al-Qur’an
Disertasi ini adalah studi tentang konsepsi pendidikan qalb dalam Al-Qur’an.
Pokok permasalahannya adalah “Bagaimana bentuk/substansi pendidikan qalb dalam AlQur’an,” dengan rumusan masalah yaitu: bagaimana proses pendidikan qalb dalam AlQur’an dan bagaimana urgensi pendidikan qalb dalam Al-Qur’an.
Masalah tersebut dikaji melalui pendekatan tafsir, pedagogis, psikologis, sosiologis,
filosofis, dan teologis dengan metode maud}ū’i (tematik). Karena penelitian ini termasuk
kategori penelitian library research, dan pengolahan datanya bersifat kualitatif dengan
content analisis (analisis isi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) secara komprehensif Al-Qur’an
menjelaskan substansi pendidikan qalb, bukan hanya untuk qalb yang baik, tetapi terutama
terhadap qalb yang buruk. Caranya adalah mengajarkan kalimat tauhid, menumbuhkan
jiwa kehambaan, menanamkan kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya,
mengimplementasikan nilai-nilai rukun Islam, memperhatikan bakat dan kemampuan anak,
ikhlas dalam mendidik, teladan yang baik, pemberian nasihat dan perhatian, meluangkan
waktu, melatih untuk bersabar, dan doa. b) proses pendidikan qalb dalam Al-Qur’an
dipertegas melalui penguatan akhlak, baik akhlak terhadap Allah, seperti berperilaku
zuhud, wara’, raja’, murāqabah, cinta dan ri«a, akhlak terhadap diri sendiri, begitu pula
akhlak dalam hidup bermasyarakat seperti; menjalin hubungan baik dengan tetangga,
silaturrahim dengan karib kerabat, dan saling berkasih sayang sesama anggota masyarakat.
c) urgensi pendidikan qalb dalam Al-Qur’an didasarkan pada fitrah manusia yang sejatinya
memiliki qalb yang baik, juga pada kecenderungan dan potensi yang dimiliki qalb,
sehingga dapat dimaksimalkan untuk menjalankan fungsi manusia sebagai mustakhlaf dan
musta’mar di dunia.
Implikasi dari penelitian ini adalah diperlukan adanya komitmen yang sungguhsungguh dan keyakinan yang kokoh dari seluruh lapisan masyarakat, terutama umat Islam
untuk mengaktualisasikan nilai-nilai moral dan agama dalam setiap proses pendidikan qalb,xii
sehingga diperoleh nilai-nilai pendidikan yang bermanfaat bagi kehidupan manusia baik di
dunia maupun di akhirat.