Detail Cantuman Kembali

XML

Disertasi: ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT PELAYANAN PERBANKAN SYARIAH DENGAN PERBANKAN KONVENSIONAL (STUDI KASUS DI KOTA MAKASSAR)


Disertasi ini membahas ”Analisis Perbandingan Tingkat Pelayanan Perbankan Syariah dengan Perbankan Konvensional (Studi Kasus di Kota Makassar)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pelayanan yang diberikan perbankan syariah dan perbankan konvensional di Kota Makassar. Masalah pokok penelitian ini adalah menguji tingkat kualitas pelayanan dan perbandingan (service quality level) perbankan syariah dan perbankan konvensional di Kota Makassar.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk proses analisis data digunakan pendekatan teologis-normatif, ekonomis, dan sosialis. Penelitian ini dilakukan secara tertutup. artinya, peneliti memposisikan diri sebagai mystery shopping dan melakukan penelitian di lima perbankan syariah, yakni CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Bank Permata Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Mega Syariah; dan lima perbankan konvensional, yakni Bank Mandiri, BNI, BCA, BRI, dan Bank Panin yang ada di Kota Makassar serta menilai sembilan aspek penilaian, dengan (1) mewawancarai customer service (CS), (2) melakukan transaksi dengan teller, (3) mengamati langsung tugas dan wewenang satpam, (4) mengobservasi kenyamanan ruangan Banking Hall, (5) merasakan kenyamanan luar Banking Hall, (6) memeriksa peralatan dalam ruangan Banking Hall, (7) mengecek keaktifan telepon informasi dan keluhan nasabah, (8) memeriksa kondisi toilet, dan (9) memeriksa kondisi ATM.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tingkat pelayanan di CIMB Niaga Syariah sebesar 91,51%, , Bank Permata Syariah sebesar 90,11%, Bank Muamalat Indonesia sebesar 88,16%, Bank Syariah Mandiri sebesar 83,95%, dan Bank Mega Syariah sebesar 80,51%. Sedangkan skor tingkat pelayanan di Bank Mandiri sebesar 93,83, BNI sebesar 89,99, , BRI sebesar 87,59%, BCA sebesar 87,28% dan Bank Panin sebesar 83,71%. Setelah dilakukan perbandingan antara tingkat pelayanan perbankan syariah dan perbankan konvensional ditemukan bahwa skor tingkat pelayanan perbankan syariah lebih merata dibandingkan perbankan konvensional, yang paling tinggi skornya adalah perbankan konvensional yakni Bank Mandiri.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa implikasi atau rekomendasi kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan tingkat pelayanan perbankan baik syariah maupun konvensional. Di antaranya, melalui peningkatan kualitas pelayanan perbankan, masing-masing bank agar mampu bersaing menggaet nasabah. Oleh karena itu, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan atau acuan pengambilan kebijakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan baik di bank syariah maupun konvensional di Kota Makassar.

Rusman Saing - Personal Name
2X4 RUS a
2X4
Text
Indonesia
2012
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...