Detail Cantuman Kembali
DISERTASI: PENGARUH TUGAS PENGAWAS TERHADAP KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN PINRANG
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) memetakan tugas pengawas PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pinrang, (2) mengungkapkan kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Pinrang, (3) menemukan, menganalisis, dan merumuskan pengaruh pelaksanaan tugas pengawas terhadap kinerja guru PAI pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pinrang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis formal, pedagogis, psikologis, sosiologis, dan pendekatan teologis normatif. Populasi dan sampel 95 orang guru Pendidikan Agama Islam. Instrumen penelitian yaitu pedoman angket, panduan observasi, pedoman wawancara dan acuan dokumentasi. Teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan tugas pengawas Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Pinrang berorientasi pada pelaksanaan tugas pengawas melalui supervisi akademik dan supervisi manajerial dengan penilaian akhir baik berdasarkan hasil perhitugan rata-rata setiap variabel, namun belum optimal secara keseluruhan (belum mencapai sangat baik). Kurang optimalnya pelaksanaan tugas pengawas secara keseluruhan karena beberapa faktor penghambat di antaranya kurangnya jumlah pengawas, rendahnya perhatian birokrasi terhadap kinerja pengawas dan kurangnya sarana dan prasarana dalam menjalankan tugas supervisi seperti kendaraan dinas bagi pengawas Pendidikan Agama Islam; (2) kinerja guru Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Pinrang dinilai baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penilaian akhir 4,4 (baik) berdasarkan hasil perhitugan rata-rata pertiap variabel. Begitu pula hasil obeservasi terstruktur mencapai perentase 55.56%, meskipun berada pada kategori baik, guru perlu membangun kerja sama dengan semua steakholder pendidikan dalam meningkatkan kinerja guru karena kinerja guru belum mencapai kategori sangat baik; (3) hasil uji regresi, tugas pengawas terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Pertama SMP di Kabupaten Pinrang berpengaruh signifikan yang ditunjukkan dengan sig 0.000
M. Arsyad Ambo - Personal Name
2X7.3
NONE
Text
Indonesia
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...