Detail Cantuman Kembali
Disertasi: PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KONSTRUKTIVIS DI MAN 1 MAKASSAR (Analisis Integrasi Keilmuan Biologi dengan Agama Islam)
Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan
pengembangan perangkat pembelajaran biologi berbasis konstruktivis yang valid,
praktis dan efektif, 2) untuk mengetahui, menganalisis dan menemukan faktor
pendukung dan penghambat serta cara dalam mengintegrasikan materi
keanekaragaman hayati dengan agama Islam di MAN 1 Makassar, dan 3) untuk
mengetahui hasil pelaksanaan pengembangan perangkat pembelajaran biologi
berbasis konstruktivis pada materi keanekaragaman hayati di kelas X MAN 1
Makassar.
Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development)
yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu; 1) RPP, 2) buku bacaan peserta
didik dan 3) LKS. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada
model 4-D, yang terdiri atas empat tahap, yaitu; 1) pendefinisian (define), 2)
perancangan (design), 3) pengembangan (develop) dan 4) penyebaran
(disseminate). Penelitian ini menggunakan desain kelompok tunggal dengan pretest
posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam materi
keanekaragaman hayati. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif.
Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran
biologi dan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang
dikembangkan meliputi LKS, RPP, dan buku bacaan peserta didik setelah melalui
validasi dari para ahli dan uji coba terbatas, maka perangkat pembelajaran ini
dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan pada
pembelajaran biologi khususnya materi keanekaragaman hayati.
Implikasi penelitian ini, diharapkan kepada pendidik MAN 1 Makassar
khususnya dan MA/SMU pada umumnya untuk mengaplikasikan langkah-langkah
pengembangan ini, selain itu juga untuk memberi solusi mengenai asumsi bahwa
yang dipelajari di dalam mata pelajaran biologi/sains adalah sains sekuler karena
dalam proses pembelajaran biologi tidak pernah dikaitkan dengan agama Islam.
Menurut peneliti tidak ada satupun mata pelajaran umum yang dipelajari di
MAN/SMU yang tidak dipayungi oleh agama Islam (Sang Pencipta).
MUH. SAFEI - Personal Name
370 MUH p
370
Text
Indonesia
2015
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...