Detail Cantuman Kembali

XML

Disertasi: KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI DAN KARAKTER GURU MADRASAH DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN AGAMA AMBON


Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) kepemimpinan kepala madrasah di lingkungan Kementerian Agama Ambon, (2) kompetensi guru madrasah di lingkungan Kementerian Agama Ambon, dan (3) karakter guru madrasah di lingkungan Kementerian Agama Ambon. Masalah penelitian ini, kepala madrasah idealnya dapat memengaruhi para guru madrasah dalam peningkatan kompetensi dan karakter mereka. Namun, di lingkungan Kementerian Agama Ambon, kepala madrasah telah memengaruhi para guru madrasah, sebagian kompetensi dan akhlak guru madarsah tidak menunjukkan kompetensi dan karakter yang baik.
Untuk mengetahui masalah tersebut, dilakukan penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di lingkungan Kementerian Agama Ambon. Subjek Penelitian terdiri dari lima orang kepala madrasah dan 30 orang dewan guru. Pendekatan penelitian ini pendekatan multidisipliner dengan menggunakan analisis data kualitatif meliput tiga tahap: (1) pra-lapangan, (2) pekerjaan lapangan, dan (3) analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di lingkungan Kementerian Agama Ambon secara umum dikategorikan baik. Melalui pendekatan kepemimpinan situasional, model kepemimpinan kontingensi, gaya kepemimpinan demokratis, tipe penelitian partisipatif, dengan strategi kepemim-pinan efektif, kepala madrasah dapat meningkatkan kompetensi dan karakter pendidik di lingkungan Kementerian Agama Ambon. Namun, ada guru yang memiliki kompetensi dan karakter kurang baik. Dari lima kompetensi yang harus dimiliki pendidik madrasah, kompetensi pedagogik tampak masih butuh pembinaan di sebagian pendidik. Terdapat pendidik yang belum optimal mengembangkan silabus dan RPP, menggunakan media ICT, dan mengelola kelas dengan mengunakan strategi pembelajaran aktif. Hal ini disebabkan, tradisi di kalangan pendidik, mengerjakan sesuatu harus ada penghargaan dari hasil kerjanya. Di samping itu, ada pendidik yang beranggapan bahwa cukup melaksanakan yang dapat diketahui dari pengalaman dulu sehingga tidak mau ada perubahan. Untuk karakter pendidik, masih terdapat tindakan yang pendidik yang tidak patut untuk diteladani, yaitu sering terlambat, pulang pada jam pelajaran berlangsung, merokok di dalam kelas, menghardik dengan kata-kata kasar, dan lain-lain.
Implikasi penelitian, pihak Kementerian perlu menekankan manajemen dan kepemimpinan kepala madrasah yang lebih baik. Para pendidik madarsah perlu diperhatikan dan ditingkatkan kompetensi dan karakternya melalui berbagai kegiatan dan pelatihan. Kepala madrasah perlu meningkatkan perannya dalam meningkatkan kompetensi dan karakter pendidik. Para guru madrasah perlu meningkatkan kompetensi dan karakternya melalui kegiatan-kegiatan mandiri, dan lain-lain.

Nursaid - Personal Name
2x0 NUR k
2x0
Text
Indonesia
2015
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...