Detail Cantuman Kembali

XML

Disertasi: PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DAN SMA ISLAM SWASTA


Disertasi ini berkenaan dengan studi Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri dan SMA Islam Swasta (Studi Perbandingan di Kabupaten Pinrang). Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perbandingan pelaksanaan pendidikan agama Islam pada SMA Negeri dan SMA Islam swasta di Kabupaten Pinrang, yang menjadi sub masalah dalam penelitian ini adalah, 1) bagaimana corak pendidikan agama Islam pada SMA Negeri di Kabupaten Pinrang. 2) bagaimana corak pendidikan Agama Islam pada SMA Swasta di Kabupaten Pinrang. 3) bagaimana Perbandingan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri dan SMA Swasta Kabupaten Pinrang.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, yuridis normatif, pedagogik, dan sosial, Sumber data penelitian ini terdiri dari para kepala sekolah dan guru-guru PAI pada SMA Negeri dan SMA swasta di Kabupaten Pinrang sebagai informan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Instrumen atau daftar pertanyaan, wawancara, observasi partisipatif, dokumentasi, dan penelusuran referensi. Teknik analisis/pengolahan data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif berupa persentase sedangkan data kualitatif menggunakan 3 tahapan yaitu 1) reduksi data, 2) display data, dan 3) verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, bahwa corak pendidikan agama Islam pada SMA Negeri di Kabupaten Pinrang yaitu bembelajaran pada SMA Negeri ditopang oleh status sekolah yang banyak dimintai oleh siswa dengan kualitas rata-rata, baik guru, manajemen organisasi sekolah maupun siswa wajib memiliki standar khusus untuk dapat di SMA Negeri, dalam hal pembelajaran aspek pengelolaan pembelajaran meliputi 3 tahapan yaitu pendahuluan, penyajian inti, dan kegiatan penutup. Kedua, corak pendidikan agama Islam pada SMA Swasta di Kabupaten Pinrang yaitu pertama agar peserta didik dapat mengetahui dan memahami dasar/pondasi ajaran agama, kedua mekanisme kerja, yakni agar peserta didik dapat mempraktikkan ajaran agama yang benar, dan ketiga agar peserta didik mampu memahami perubahan sosial sehingga dapat menjalani hidup sesuai dengan ajaran agama, dan ketiga Perbandingan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri dan SMA Swasta Kabupaten Pinrang yaitu meliputi kompetensi paedagogik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial, guru SMA Negeri Pinrang senantiasa mengembangkan nilai-nilai pembelajaran yang berbasis IPTEK hal ini sejalan dengan visinya dan salah satu misi sentral pendidikan adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), yang benar-benar utuh. Sedangkan kompetensi guru pada SMA Islam swasta Kabupaten Pinrang yaitu bahwa guru SMA Swasta di Pinrang di samping melaksanakan tugas pengajaran, yaitu memberitahukan pengetahuan keagamaan, ia juga melaksanakan tugas pengajaran dan pembinaan bagi peserta didik, ia membantu pembentukan kepribadian, pembinaan akhlak serta menumbuh kembangkan keimanan dan ketaqwaan para peserta didik
Implikasi penelitian ini adalah pertama, bahwa pelaksanaan pendidikan Islam pada SMA Negeri dan Swasta di Kabupaten Pinrang dapat ditinjau dalam berbagai aspek dan pemberlakuannya dapat dikembangkan berdasarkan perkembangan metodologis dunia pendidikan yang sekarang masih bervariatif, kedua, pelaksanaan pendidikan agama Islam pada SMA se-Kabupaten Pinrang di harapkan memberi kontribusi bagi dosen/pendidik dalam mengajarkan materi pendidikan Islam yang senantiasa memberikan penekanan pada pentingnya IPTEK dan IMTAQ kepada siswa/peserta didik khususnya pemahaman nilai agama yang kondisional, damai dan bersahabat, sehingga dapat mewujudkan Islam sebagai ajaran damai-rahmatan lil alamin.

Abdullah B - Personal Name
1
2x0 ABD p
2x0
Text
Indonesia
2013
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...