Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis: MANAJEMEN PENDIDIKAN Aplikasinya terhadap Pengembangan Madrasah Tsanawiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad (MTs DDI) Walimpong Desa BaraE Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng


Dalam perkembangan persekolahan di negara kita Indonesia akhir-akhir ini, madrasah sebagai salah satu lembaga yang bergerak dibidang pendidikan mau tidak mau harus berhadapan dengan tuntutan baru terutama menyangkut dengan pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 ini menjadi kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kriteria minimal ini terdiri atas delapan standar meliputi (a) Standar isi, (b) Standar proses, (c) Standar kompetensi lulusan, (d) Standar pendidik dan tenaga kependidikan, (e) Standar sarana dan prasarana, (f) Standar pengelolaan, (g) Standar pembiayaan, dan (h) Standar penilaian pendidikan.
Kriteria standar tersebut menggambarkan bahwa setiap madrasah dituntut untuk menyusun, melaksanakan dan memonitor serta mengevaluasi rencana pengembangan guna memenuhi standar tersebut dan berusaha meningkatkan kualitasnya menuju standar yang lebih tinggi. Hal ini dimaksudkan agar penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan. Oleh karena itu, seorang manajer pendidikan perlu melakukan evaluasi, akreditasi, dan sertifikasi sebagai penyempurna secara terencana, terarah dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan masyarakat baik secara lokal, nasional maupun global. Kutipan ini, menunjukkan bahwa sebuah madrasah hendaknya melakukan suatu terobosan untuk menggerakkan seluruh stakeholder yang dimilikinya untuk mengembangkan madrasah itu sendiri.

A. YUSMIAR - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
LOADING LIST...
LOADING LIST...