Detail Cantuman Kembali

XML

Tesis: PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KURIKULUM DAN PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN PESERTA DIDIK TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SMK MA’ARIF MAKASSAR


Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan manajemen
kurikulum di SMK Ma’arif Makassar (2) Mendeskripsikan pelaksanaan praktek kerja
lapangan peserta didik di SMK Ma’arif Makassar, (3) Mendeskripsikan mutu
pendidikan di SMK Ma’arif Makassar (4) Menguji pengaruh penerapan manajemen
kurikulum terhadap mutu pendidikan di SMK Ma’arif Makassar (5) Menguji
pengaruh pelaksanaan praktek kerja lapangan peserta didik terhadap mutu pendidikan
di SMK Ma’arif Makassar dan (6) Menguji pengaruh penerapan manajemen
kurikulum dan pelaksanaan praktek kerja lapangan secara bersama-sama terhadap
mutu pendidikan di SMK Ma’arif Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi berjumlah 95 peserta didik dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan Nonprobability Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang tidak
memberi peluang/kesempatan yang sama bagi anggota populasi untuk dipilih menjadi
sampel, jenis pengambilan sampel yang disebut Sampling Purposive yaitu penentuan
sampel dengan pertimbangan tertentu sehingga jumlah sampel adalah 55 peserta didik
dan 17 orang guru sebagai sampel. Teknik pengolahan data dan analisis data
menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu teknik analisis regresi
linear sederhana dan berganda.
Hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu; (1). Penerapan manajemen
kurikulum di SMK Ma’arif Makassar kategori sedang sebesar 76%. (2). Pelaksanaan
praktek kerja lapangan peserta didik kategori sedang sebesar 69%. (3). Mutu
pendidikan di SMK Ma’arif Makassar yaitu 70,9% berada dikategori sedang. (4).
penerapan manajemen kurikulum berpengaruh kuat terhadap mutu pendidikan di SMK
Ma’arif Makassar dengan persamaan regresi atau sekitar 2,7%.
(5). Pelaksanaan praktek kerja lapangan peserta didik berpengaruh sangat rendah
terhadap mutu pendidikan di SMK Ma’arif Makassar dengan persamaan regresi
yaitu -3,206% yang berada hanya di bawah 1%. (6). Penerapan
manajemen kurikulum dan pelaksanaan praktek kerja lapangan peserta didik dengan
persamaan Ŷ = 36,72+(0,370) + (-0,064) dimana Fhitung (0,51) < Ftabel (3,13)
artinya tidak terdapat pengaruh X1 dan X2 terhadap Y.
Mutu pendidikan dapat meningkat melalui penerapan manajemen kurikulum
yang baik mulai perencanaan isi/fungsi kurikulum, pengelolaan, pelaksanaan dan
pengevaluasian kurikulum. Perlunya pengelolaan PKL peserta didik yang lebih baik
agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMK Ma’arif Makassar.
musdalifah - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...