Detail Cantuman Kembali

XML

DISERTASI: Pengembangan bahan ajar pendidikan islam dengan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan islam dalam budaya bimapada taman pendidikan al-Qur'an dikec. sape kab. bima


Pokok masalah dalam penelitian ini adaiah 'Bagaimana Bahan Ajar
Pendidikan Islam dengan mengintagrasikan nilai-nilai pendtdtkan {slam dalatn
budaya Bima pada Tatnan ?endidikaa al-Qur'aa di Ktcamatan Sape Kabupaten
llima?. Pokok masalah ini dirumusk*n dalam beberapa sub masalah yaitu: 1)
Bagaimana Bahan Ajar Pendidikan Islam yang dibuluhkan pada Teunan Pendidikan
al-Qur'an di Kecamatan Sape Kabupaten Birra? 2) tsagaimana Pengembangeur
llahan Ajar Pendidikan Isiam dengm Pengintegrasian Nilai-nilai Pendidikan lslam
Qglalli. Budaya l"iima pada Taman Pendidikan al-Qur'an di Kecamatan Sape
Kabupaten Bima? 3) Bagaimana efektifitas bahan ajar pendidika* Islam dengar
pengintegrasian niiai-nilai pendidikan Islam dalam budaya Bima pada Taman
Pendidikan al-Qur'an di Kecamatan Sape Kabupaten Bima? 4) Bagaimana respon
masyarakat dan pemerinlah terhadap penerapan Pendidikai Islam yang
mengintegrasikan niiai- nilai pendidikau Islarn dalam budaya Bima?
Fenelitian ini menggurakan model Research and De*rlopmear (R&D) yang
diadaptasi menjadi tiga tahap utarna yaitu: li tahap pendahuluan; 2) tahap
Pengembangan; dan 3) tahap irnplementasi. llalam ha1 iai akan dihasilkan produk
lqrripa bahan ajar Pendidikan Islam dengan pengintegrasian nilai-nilai peirdidikan
Islarn daiam Budaya Bima sebagai buku bahan ajar Pendidikan Islam untuk
diterapkarr pada Tarnan Pendidikan al-Qu'ur di Kecamatan Sape Kabupaten Bima.
,
Hasil penelitian menunjukan trahwa: l) Kebutuhan bahan ajar pada TPQ di
Kecamatan Sape meliputi ketersediaan, fuagsi. komponen, prinsip-prinsip, bahasa,
dan kegrafikan dengan mengguuakan pendekatan ko*e-kstuai dalam
peinbelajarannya. Ketrtrtuhair materi bahan ajar pendidikan Islam meliputi 5 {enam)
aspek yaitu: Aspek Kejujru'an, Aspek Malu dan Takut, Aspek Alanr, Aspek Sosial
Aspek Amanah, da:r Aspek Kepernimpinan. Patla muatan materi nilai-nilai Budaya
Rima meliputi Aspek mat'a iabo dahu, Aspek Ngaha aina Ngoho, Aspek Edesi ntlai
Swa rlou Labo Daaa, Aspek suu sa wau Twdu sa wale, Aspek hsgatli raw; patza
Aspek Renta ba Rer4 Ka Poda aa Ade, Karawi ba weki, Aspek Ka fapa Taho Sama
Tewe Sama Lemba. Pada aspek-aspek nilai-nilai Budaya Bima dengar kategori
s*rgat dibutuhkan. 2) Bahan ajar dikembangkan dengan mengikuti desain struktur
fisik dan msngacu pada prinsip-prinsip yang teiah ditetapkan, seperti: a) Relevansi
b) Konsistensi, c) kepraktisan. 3) Ef'ektifitas bahzur ajar pendidikan Islam dengan
pengintegrasian nilai-nilai pendidikan lslam dalam budaya Bima dinyatakan telah
ef'ektif dan dapat digunakan rintuk pembelajaran masa yang akan datang. 4) Respon
masyarakat dan pemerintah terhadap penerapan pendidikan Isiam dengan integiasi
nilai-nilai budaya bersifat positif yaitu: mengapresiasi, mendorong, antusias,- dan
menjadikan program utama pemerintah l(ecarnatao Sape l{.abupaten Bima.
Penelitian ini berirnplikasi pada pengembangan bahan ajar pendidikan Islam
dengan penambahan pola pelaksara&a pendidikan yang sudah berjalan sebelunrnya di
Taman Pendidikan al-Qur'an yang ada di Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Pala
pelaksanaan pendidikan yang selama ini terbatas pada pembiraan membaca al Qur'an tanpa menierhatikan aspek lain seperti nilai-nilai Islam dan juga nilai budaya.
Oleh karena itu, pengembang€n bahan'ajar ini memberikan stuilfangsi terhadap
masyarakat untuk mempermudah pengualaa dimensi agama dan budaya yang sud.ab
dikenal sehingga menjadi embrlo rutinitas kegiaian keagarnaan yang t;rorganlsir daa
sjstematis uqtuk mengata*i kevakunrau penyelonggaraan pendidikail l*lam pada
masyarakat Bima.
abdul munir - Personal Name
2X7.3 MUN p
2X7.3 pendidikan islam
Text
Indonesia
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...