Detail Cantuman Kembali
Disertasi: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA MADRASAH ALIYAH DARUSSALAM ANRONG APPAKA DI KABUPATEN PANGKEP
Pokok masalah yang dibahas dalam disertasi ini adalah sejauh mana Implementasi Pembelajaran Humanistik dalam Pendidikan Islam pada Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka di Kabupaten Pangkep?. Selanjutnya pokok masalah tersebut dijabarkan kebeberapa submasalah, yaitu: pertama, bagaimana implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan Islam pada Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka di Kabupaten Pangkep?, kedua, bagaimana faktor-faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan Islam pada Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka di Kabupaten Pangkep?, dan ketiga, bagaimana upaya mengatasi hambatan implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan Islam pada Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka di Kabupaten Pangkep?.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan mengunakan pendekatan sosio-paedagogis dengan metode fenomenologis. Sumber data penelitian ini terdiri atas; (1) informan yaitu kepala madrasah, pendidik, dan peserta didik, (2) peristiwa atau aktifitas pembelajaran, (3) kondisi lokasi, dan (4) dokumen yang berkaitan dengan Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep dan implementasi pembelajaran humanistik. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan 3 (tiga) cara: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, pertama, implementasi pembelajaran humanistik telah berjalan sesuai dengan prosedur yang ada tetapi belum maksimal, yaitu pendidik dalam pengajaran dan pembinaan menerapkan interaksi yang bermartabat, Model pembelajaran yang (interaktif, kreatif, inovatif, aktif, dan menyenangkan. kedua, Faktor penghambat dan pendukung implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan Islam yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi; lingkungan madrasah, pengawasan pendidik, pengawasan orang tua/wali, dan kearifan lokal. Sedangkan faktor internal meliputi; pengendalian diri, psikologi, dan kebiasaan. Ketiga, upaya mengatasi hambatan implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan Islam yaitu;, pemberian motivasi tentang nasehat dan kisah-kisah orang sukses, menerapkan strategi pembelajaran dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan serta meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler karena pada umumnya peserta didik yang memiliki prestasi yang tinggi juga memiliki kepribadian yang baik.
xvi
Impilikasi penelitian ini adalah diharapkan kepada peserta didik pada Madrasah Aliyah Darussalam Anrong Appaka Kabupaten Pangkep untuk lebih taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku di madrasah dan mengaktualisasikan dirinya secara maksimal. Sehingga nantinya dapat mendukung pelaksanaan Pembelajaran berbasis nilai-nilai humanis serta diharapkan memberi kontribusi bagi pendidik di madrasah yang senantiasa memberikan penekanan pada pentingnya nilai-nilai humanis kepada peserta didik khususnya pemahaman tentang kebutuhan fisiologi, rasa aman, rasa untuk dicintai dan disayangi, dihargai dan aktualisasi diri yang disajikan dengan pola-pola interaksi yang bermartabat dan pola-pola pembelajaran interaktif, bermakna, aktif dan menyenangkan yang memunculkan kesadaran diri sehingga terwujud insan kamil.
muhammad shahib a - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
pascasarjana UIN Alauddin
2017
makassar-gowa
LOADING LIST...
LOADING LIST...