Detail Cantuman Kembali

XML

TESIS: Pembelajaran pendidikan agama islam humanistik dengan pendekatan active learning di MTSN 1 Bombana


Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam humanistik dengan pendekatan
active learning di MTs Negeri 1 Bombana, yang terdiri dari tiga uraian yaitu: a)
Pembelajaran pendidikan agama Islam yang humanistik; b) Pembelajaran pendidikan
agama Islam dengan pendekatan Active Learning; c) Pembelajaran pendidikan
agama Islam humanistik dengan pendekatan Active Learning; 2) Bagaimana hasil
pembelajaran pendidikan agama islam humanistik dengan pendekatan active
learning di MTs Negeri 1 Bombana, 3) Bagaimana Kendala pembelajaran
pendidikan agama Islam humanistik dengan pendekatan active learning di MTs
Negeri 1 Bombana.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalambentuk penelitian lapangan,
dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: Pendekatan fenomoenologi, ,
pendekatan studi kasus, Pendekatan etnografi. Adapun pendekatan pembelajaran
yang dilakunan adalah: pendekatan konstruktivisme, pendekatan saintivic,
pendekatan realistic, dan pendekatan pedagogis. Adapun sumber data penelitian ini
adalah: Kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dewan guru, dan peserta didik.
Selanjutnya metodepengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi,
wawancara, dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan tiga
tahap, yaitu: reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa, ketika menyebut pendidikan
agama Islam, ada dua hal penting yang harus dicapai yakni: mendidik siswa untuk
berperilaku sesuai dengan niali-nilai atau akhlaq Islam, dan mendidik siswa untuk
mempelajari materi ajaran agama Islam. Kemudian dalam mengimplementasi
pembelajaran PAI humanistik dengan pendekatan Activ Learning, harus melalui tiga
tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Untuk mengatasi berbagai
kendala yang dihadapi, beberapa upaya yang yang harus dilakukan yankni:
melengkapi berbagai buku revernsi atau buku penunjang pembelajaran, guru
diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan workshop atau pelatihan, paling tidak sesering mungkin bertukar pikiran dengan guru lain, terkait pembelajaran PAI
humnaistik dengan pendetan Active Learning.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran PAI humanistik dengan
pendekatan Active Learning, perlu dikembangkan terutama terkait implementasi pola
pembelajaran PAI yang humanis tersebut; 2) Metode Pembelajaran PAI dengan
pendekatan Active Learningharus lebih variatif agar siswa tidak merasa merima
pelajaran dengan metode yang monoton.3) Hasil pembelajaran PAI humanistik
dengan pendekatan Active Learning, harus terpenuhi tiga ranak penbdidikan di lima
mata pelaran PAI yakni: ranah kognitif, ranak afektif dan ranah psikomotor. 4)
Partisipasi orang tua pada kegiatan proses pembelajaran hendaknya sejalan dengan
program pembelajaran yang diterapkan di sekolah terutama dalam pembelajaran
PAI.agar program pembelajaran tercapai sesuai yang diinginkan.
agus akmal - Personal Name
2X7.3
2X7.3
Text
Indonesia
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
2018
PASCASARJANA UINAM
LOADING LIST...
LOADING LIST...